Token Visa Dorong Peningkatan Senilai US$ 2 Miliar dalam Perdagangan Digital di Asia Pasifik

Token Visa Dorong Peningkatan Senilai US$ 2 Miliar dalam Perdagangan Digital di Asia Pasifik

Logo VISA

Singapura, (ANTARA/PRNewswire) - Ekonomi digital Asia Pasifik mengalami peningkatan lebih dari US$ 2 miliar[1] pada 2023 berkat penggunaan Visa Token Service (VTS), seperti diumumkan Visa pada hari ini. Pencapaian tersebut membuktikan manfaat token dalam perdagangan digital, baik untuk aktivitas belanja di gerai dan daring. Lebih lagi, jumlah token kini mencapai satu miliar di Asia Pasifik.

VTS menggantikan 16 digit nomor kartu debit atau kredit dengan token sebagai pengidentifikasi unik yang hanya dapat dibuka oleh Visa. Token Visa menjaga kerahasiaan pembayaran sekaligus mentransfer data yang lebih baik. Hal tersebut ikut mengoptimalkan tingkat kesuksesan pembayaran dan menurunkan angka kecurangan (fraud). Sejumlah manfaat ini, didukung kemudahan penggunaan token pada berbagai perangkat, semakin memperlancar pengalaman pelanggan.

Token juga meningkatkan proses pembayaran dengan memberikan kendali yang lebih baik dan memperkaya pertukaran data dalam setiap transaksi. Berkat manfaat ini, token memperkecil insiden penolakan transaksi yang sah oleh sistem pembayaranpengalaman yang membuat konsumen dan pihak penjual frustasi. Pihak penjual yang telah menggunakan VTS dalam pembayaran digital mencatat tingkat kesuksesan pembayaran yang lebih tinggi atau otorisasi pembayaran yang meningkat sebesar US$ 2 miliar, sedangkan angka kecurangan pembayaran berkurang lebih dari setengah (58%)[3].

"Konsumen dan pelaku usaha sama-sama menginginkan proses pembayaran yang aman dan mudah. Maka, token jaringan mendukung hal tersebut. Dengan peningkatan otorisasi pembayaran dan penurunan angka kecurangan, pihak penjual lebih berfokus pada inovasi produk dan interaksi pelanggan. Kami mendorong pihak penjual agar menggunakan sistem pembayaran token, sebab teknologi ini berdampak langsung terhadap pendapatan dan profit," ujar Previn Pillay, Head, Merchant Sales & Acquiring, Asia Pasifik, Visa.

Visa juga memperluas metode pembayaran modern yang terwujud berkat sistem kredensial dengan token dalam bisnis daring. Dengan token, konsumen tidak perlu lagi menginput 16 digit kredensial secara manual ketika melakukan pembayaran daring atau kerepotan memperbarui detail kartu pembayaran pada berbagai platform ketika masa berlaku kartu tersebut telah berakhir atau harus diganti. VTS juga menjamin pihak penjual dapat memperbarui informasi pembayaran dari pelanggan secara aman lewat platform Visa. Hasilnya, konsumen memperoleh proses pembayaran yang mudah dan bebas gangguan dengan angka penolakan otorisasi pembayaran yang lebih rendah, baik saat melakukan pembayaran melalui ponsel pintar, perangkat wearable, atau perangkat pintar.

"Token menjadi masa depan bisnis, sebab peluang inovasinya tidak terbatas. Apalgi, metode pembayaran dengan token mewujudkan pengalaman pelanggan yang baru dan lebih personal, melampaui kartu fisik Visa. Kami terus mengembangkan fitur-fitur yang ditawarkan sistem kredensial modern ini. Dengan dukungan berbagai mitra, kami menghadirkan nilai tambah yang semakin besar dalam ekosistem pembayaran," jelas TR Ramachandran, Head, Products and Solutions, Asia Pasifik, Visa.

Informasi lebih lanjut tentang transformasi Token Visa tersedia di tautan ini.

[1]  Volume pembayaran yang diproses dengan sistem kredensial token pada VisaNet di wilayah Asia Pasifik pada periode Januari-Desember 2023, dikalikan dengan peningkatan otorisasi pembayaran.

[2]  Jumlah token yang diterbitkan sistem Visa milik pihak Issuers resmi di Asia Pasifik pada Maret 2024.

[3]  "Visa Risk Datamart, Global, FY22 Q1Q4" Angka Insiden Kecurangan dalam Sistem Token vs PAN berdasarkan PV yang dialami pihak penjual dengan lebih dari 1.000 transaksi token per bulan per negara. Angka insiden kecurangan yang dialami setiap pihak penjual berbeda-beda.

Tentang Visa Visa (NYSE: V) adalah pemimpin industri pembayaran digital dunia. Visa memfasilitasi transaksi antara konsumen, pihak penjual, lembaga keuangan, dan instansi pemerintah di lebih dari 200 negara dan wilayah. Visi bermisi menghubungkan dunia lewat jaringan pembayaran yang paling inovatif, nyaman, reliabel, dan aman. Dengan demikian, berbagai individu, pelaku bisnis, dan perekonomian dapat berkembang. Visa menilai, kegiatan ekonomi harus melibatkan setiap orang di mana saja, meningkatkan taraf hidup setiap orang di mana saja. Maka, Visa menganggap akses keuangan sebagai pondasi masa depan pergerakan uang. Informasi lebih lanjut tersedia di Visa.com. 

Related stocks: NEO:VISA NYSE:V
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024