Herman HN Jajaki Koalisi Parpol Pilgub Lampung

id wali kota herman dan calonnya, herman hn, wali kota bandarlampung, calon gubernur lampung, paratai pdi perjuangan

Herman HN Jajaki Koalisi Parpol Pilgub Lampung

Bakal calon gubernur Provinsi Lampung Herman HN (foto: facebook)

...Saya memang belum mendapatkan koalisi partai, tapi beberapa sudah dalam penjajakan, kata Herman...
Bandarlampung  (ANTARA LAMPUNG) - Bakal calon gubernur Provinsi Lampung Herman HN menyatakan belum mendapatkan koalisi partai politik untuk pencalonannya sebagaimana penugasan dari Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, namun terus melakukan penjajakan koalisi tersebut.

"Saya memang belum mendapatkan koalisi partai, tapi beberapa sudah dalam penjajakan," kata Herman HN, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan, saat ini sedang dalam penjajakan koalisi dan optimistis dalam waktu dekat akan segera mendapatkannya.

Menurutnya, satu partai politik sudah dapat dipastikan mengusung dirinya bersama dengan PDI Perjuangan, sesuai dengan isi surat tugas dari DPP PDI Perjuangan tersebut.

Dalam isi surat tugas disebutkan bahwa dirinya harus menyiapkan koalisi partai pendukung yang memenuhi syarat pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung pada Pilkada Serentak Tahun 2018 di KPU Provinsi Lampung sebagaimana dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sudah ada yang siap tapi masih rahasia, tunggu tanggal mainnya," kata dia lagi.

Terkait hal itu dirinya pun tengah gencar melakukan sosialisasi khusunya di daerah-daerah seluruh Lampung sebagai bentuk komitmennya untuk konsolidasi DPD, DPC, PAC, ranting, anak ranting dalam pemenangan pilkada dengan seluruh petugas partai berlambang banteng moncong putih dalam waktu dua minggu setelah surat tugas diterbitkan.

Herman yang juga Wali Kota Bandarlampung itu, membenarkan tengah gencar melakukan pertemuan untuk mencari bakal calon wakil gubernur, termasuk diduga telah bertemu dengan pihak Ananda Tohpati yang diperkuat beredar foto dirinya bersama pihak tersebut di media sosial, bahkan sempat diberitakan media massa. Tetapi hal itu dibantah dengan tegas olehnya, dengan menyatakan bahwa foto tersebut diambil sudah lama dan tidak ada pertemuan dimaksud.

"Memang kapan saya ketemu, tidak ada, pertemuan itu bohong, foto itu diambil antara bulan Januari sampai Maret 2017. Jadi itu bukan foto baru, atau akhir-akhir ini," kata dia lagi.

Dalam foto tersebut, Herman HN tengah berbincang dengan ayahanda Ananda Tohpati, Rusli, dan pengusahan Thomas Azis Riska.

Diduga foto tersebut baru diambil, berdasarkan penampilan dari model rambut wali kota Bandarlampung tersebut.

Namun ditegaskannya bahwa belum melakukan pertemuan yang membahas penjaringan bakal calon wakil gubernur.

Menurutnya, semua itu diserahkan sepenuhnya kepada DPP PDI Perjuangan, kapan pun rekomendasi terbit dirinya siap. "Biarkan DPP yang menentukan ada berapa kandidatnya, kapan pun Bu Megawati menerbitkan surat rekomendasi, kami siap," katanya lagi.

Selain Herman HN, sejumlah tokoh menyatakan siap maju mencalon gubernur dan wakil gubernur Lampung pada Pilkada 2018, antara lain petahana Gubernur saat ini M Ridho Ficardo (Ketua Partai Demokrat Lampung), Arinal Djunaidi (mantan Sekdaprov Lampung yang juga Ketua Partai Golkar Lampung), dan Mustafa (Bupati Lampung Tengah yang juga Ketua Partai NasDem Lampung), dan beberapa nama tokoh lainnya untuk pencalonan gubernur maupun wagub Lampung itu.

Para kandidat itu musti menjalin koalisi parpol untuk bisa mencalonkan diri. Namun hanya PDI Perjuangan yang bisa maju mencalonkan pasangan kepala daerah Lampung tanpa harus berkoalisi.

(ANTARA)