Irjen Pol Ike Edwin Adzankan Ibunda di Pemakaman

id irjen pol ike edwin, mantan kapolda lampung, adzan ibunda di pemakaman

Irjen Pol Ike Edwin Adzankan Ibunda di Pemakaman

Irjen Pol Ike Edwin (memegang mikrofon) memberikan sambutan saat prosesi pelepasan jenasah ibunda Hj RA Maslena Dewi untuk dimakamkan. (Foto Antaralampung.com/Ist)

...Ratusan karangan bunga ucapan belasungkawa terlihat berjajar di sisi kanan dan kiri jalan menuju rumah duka di Lamban Kuning, Sukarame...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Di tengah suasana haru, mantan Kapolda Lampung Irjen Pol Ike Edwin yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik membacakan adzan saat pemakaman jenasah sang ibunda Hj RA Maslena Dewi (85) di pemakaman keluarga di Sukarame, Bandarlampung, Senin (23/10).

Almarhumah Maslena Dewi yang juga isteri dari Mayor TNI AU M. Bun Yamin (almarhum) itu meninggal pada Minggu (22/10) malam pukul 18.30 di RS Abdul Muluk Bandarlampung setelah menjalani perawatan selama beberapa hari karena faktor usia.

Jenasah almarhumah dilepas dengan prosesi adat dibawa menggunakan tandu dengan ditutupi tirai serta dikawal pendekar pasukan kerajaan Skala Bkhak lengkap dengan payung payung dan pedang serta tombak. Rombongan itu diiringi ratusan pelayat yang ikut mengantar ke pemakaman yang tak jauh dari rumah duka.

Saat tiba di liang lahat, mantan Kapolda Lampung itu langsung turun ke dalam untuk menyambut jenazah ibunya. Diwarnai isak tangis sanak saudara, Ike Edwin langsung mengumandangkan adzan untuk sang ibunda, jenderal bintang dua itu terlihat terbata-bata melepas nenek dengan  20 cucu itu.

Usai mengumandangkan adzan dan iqomah, papan mulai menutup liang lahat. Perlahan sanak saudara mulai mencangkul tanah untuk menimbun liang kubur. Sebelum meninggalkan pemakaman, keluarga dan para pelayat, para tokoh, sanak saudara memanjatkan doa dan menabur bunga di atas makam alamrhumah.

Irjen Pol Ike Edwin mengatakan prosesi pemakaman dilakukan secara adat Skala Bkhak. Tampak ikut melayat Kapolda Lampung Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan beberapa tokoh dan pejabat lainnya.

Ratusan karangan bunga ucapan belasungkawa terlihat berjajar di sisi kanan dan kiri jalan menuju rumah duka di Lamban Kuning, Sukarame.

Istri Mayor TNI AU M Bun Yamin ini dilahirkan pada 31 Desember 1933. Atas jasa dan pengabdiannya nama M Bun Yamin kini diabadikan sebagai nama Pangkalan Udara (Lanud TNI AU di Kabupaten Tulangbawang dengan nama Lanud Pangeran M Bun Yamin yang seelumnya bernama Lanud Astra Ksetra.

Ike Edwin mewakili pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran seluruh pelayat yang mendoakan ibundanya. "Saya memohon maaf atas kesalahan-kesalahan ibu saya," katanya. (ANTARA