Menko Kemaritiman Mendorong Program Pembangunan Strategis Lampung

id menko maritim luhut dan ridho

Menko Kemaritiman Mendorong Program Pembangunan Strategis Lampung

Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan saat meberikan keterangan kepada wartawan usai menjadi Keynote Speech Seminar Nasional dan Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XIX di Swiss Belhotel Bandarlampung, Kamis (19/10) (Foto: Hum

...Pembangunan infrastruktur konektivitas memiliki dampak yang paling signifikan dalam pengembangan sentra industri, kata Luhut...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan mendorong program pembangunan strategis Lampung meliputi ketahanan pangan, industrialisasi, dan pengembangan kawasan pariwisata.

"Program tersebut sudah sejalan dengan nawacita dan program pembangunan nasional," kata dia pada Seminar Nasional ISEI XIX di Swiss-Belhotel Bandarlampung, Kamis (19/10).

Menko Luhut B. Panjaitan dalam seminarnya mengangkat tema "Pembangunan Kemaritiman untuk Mengatasi Kesenjangan dan Kemiskinan".

Luhut menyampaikan bahwa pada periode 2011-2013, laju pertumbuhan PDB Indonesia cukup tinggi, didorong oleh `booming`komoditas, namun disisi lain meskipun ekonomi tumbuh diatas 6 persen, namun tingkat kesenjangan justru meningkat.

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga telah mendorong pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, namun dalam waktu bersamaan menekan angka penyerapan tenaga kerja, sehingga menimbulkan, masalah pengangguran, kesenjangan, dan kemiskinan.

Luhut mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, maka pembangunan disektor maritim difokuskan pada pembangunan infrastruktur konektivitas untuk menunjang pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru.

"Pembangunan infrastruktur konektivitas memiliki dampak yang paling signifikan dalam pengembangan sentra industri," paparnya.

Ia huga memaparkan upaya pemerintah dalam mendorong sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru serta penghasil devisa utama. Sektor ini juga yang paling cepat menyerap tenaga kerja.

Pemaparan Menko Luhut tersebut sudah sejalan dengan program-program strategis Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo yang mengupayakan percepatan pembangunan melalui konektivitas antar wilayah, salah satunya adalah dengan pembangunan Bandara Radin Inten II, Bandara Taufiq Kiemas.

Selain itu, Pelabuhan Bakauheni - Merak, serta pembangunan kawasan industri disepanjang Jalan Tol Trans Sumatera dan pengembangan kawasan pariwisata di Provinsi Lampung.

(ANTARA)