Menhan Ryamizard Terima Kunjungan Delegasi Kemou Belarus

id menhan dan gatot

Menhan Ryamizard Terima Kunjungan Delegasi Kemou Belarus

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kiri) berdiskusi dengan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

...Pemerintah Indonesia sudah diajukan ke parlemen, dan diharapkan dapat segera dibahas dan diratifikasi pada tahun depan, kata Ryamizard...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Delegasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Belarus yang dipimpin oleh Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus Andrei Dapkiunas, di kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (18/10).

Menhan Ryamizard Ryacudu dalam siaran persnya mengatakan, dengan adanya kunjungan Delegasi Belarus itu diharapkan akan lebih meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara yang sudah terjalin baik.

"Walaupun kedua negara secara geografis memiliki jarak yang jauh dan juga memiliki perbedaan baik secara budaya dan tradisi, namun kedua negara memiliki kesamaan nilai-nilai," kata Ryamizard.

Kedua negara juga memiliki kesamaan pandangan dan semangat untuk perlu meningkatkan dan mempererat kerja sama utamanya di bidang pertahanan dalam rangka mengatasi tantangan dan ancaman bersama baik regional maupun global.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) ini mengatakan, meskipun MoU perjanjian kerja sama pertahanan yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak belum diratifikasi oleh parlemen, namun kerja sama tersebut akan terus berjalan.

"Pemerintah Indonesia sudah diajukan ke parlemen, dan diharapkan dapat segera dibahas dan diratifikasi pada tahun depan," kata Ryamizard.

Sementara itu, Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus menyampaikan rasa bangga atas kemajuan hubungan kerja sama pertahanan Indonesia dan Belarus yang terus bertambah kuat dan erat, yang ditandai dengan adanya kunjungan antar pejabat kedua negara dan juga partisipasi dalam pameran-pameran di bidang industri pertahanan.

Menurut dia, kerja sama pertahanan kedua negara memiliki peran penting utamanya sebagai penggerak kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan.

"Adanya level saling percaya dan kerja sama yang sudah konkrit yang telah dilakukan oleh kedua negara merupakan refleksi adanya saling keterbukaan dan upaya bersama untuk mempererat kerja sama yang telah terjalin," ucapnya.

Atas kemajuan kerja sama tersebut, Deputi Menteri Luar Negeri Republik Belarus menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas peran penting yang dilakukan oleh Menhan RI dalam mendorong kerja sama pertahanan Indonesia dan Belarus.

"Kami menyampaikan terima kasih atas peran langsung dan niat baik bapak untuk meningkatkan kerja sama pertahanan kedua negara lebih erat lagi," ucapnya.

(ANTARA)