Selasa, 24 Oktober 2017

PLN : Lampung surplus daya listrik

id PLN, listrik, pembangkit tenaga listrik, PLTU
PLN : Lampung surplus daya listrik
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu di Kabupaten Tanggamus Lampung yang dikelola oleh PT PLN. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)
Bandarlampung (Antara Lampung) -  GM PT PLN Distribusi Lampung, Julita Indah, menyebutkan kondisi kelistrikan di Provinsi Lampung saat ini mengalami surplus daya dengan total daya mampu pembangkit di Provinsi Lampung saat ini telah mencapai 1.061 MW.

Dalam pertemuan dengan media di Bandarlampung, Kamis, ia menjelaskan, dengan masuknya PLTP Ulu Belu unit 3 dan 4 dengan kapasitas masing-masing 55 MW ke dalam sistem kelistrikan Lampung serta PLTMG MPP New Tarahan sebesar 4 x 25 MW, maka daya mampu pembangkit yang berada di Provinsi Lampung bertambah.
          
Sistem interkoneksi sumatera bagian selatan sebesar 350 MW, dan beban puncak sebesar 948 MW, sehingga Lampung memiliki cadangan daya mampu pasok sebesar 113 MW atau 10,65  persen.
         
Selain itu PLN Distribusi Lampung pun telah memiliki Area Pengatur Distribusi (APD) yang didukung oleh sistem Scada (Superisory Control and Data Acquisition). Dengan teknologi terkini, APD mampu mengoperasikan jaringan distribusi 20kV secara handal dan terpusat.
          
Ia menjelaskan, sebagai keseriusan PLN dalam membangun infrastruktur ketenagalistrikan Provinsi Lampung, PLN telah mengoperasikan Gardu Induk Mini yang berlokasi di Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Gardu Induk Liwa di Kabupaten Lampung Barat.
           
Kedua Gardu Induk tersebut berfungsi untuk memperkuat sistem kelistrikan di Provinsi Lampung khususnya di bagian barat dan timur Provinsi Lampung.
           
Selain itu, dokumentasi pembangunan GI Mini (Mobile) di Desa Gunung Sari, Kecamatan Lambu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

ANTARA

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0109 seconds memory usage: 0.46 MB