Kendaraan militer Turki masuki wilayah Idlib Suriah

id Turki, perang Suriah dan Irak

Kendaraan militer Turki masuki wilayah Idlib Suriah

Tank Turki melakukan manuver dalam latihan militer di dekat perbatasan Turki-Irak di Silopi, Turki (25/09/17)/file. (Reuters)

Amman/Beirut (Antara/Reuters) - Sebuah tim kecil tentara Turki pengintai melintasi perbatasan menuju provinsi Idlib, Suriah pada Minggu, kata seorang anggota pemberontak senior Suriah, menjelang rencana pengerahan pemberontak yang didukung Turki di wilayah itu.
         
Sejumlah kendaraan militer yang masuk ke daerah tersebut diawasi oleh kelompok pemberontak saingan, kelompok garis keras Tahrir al-Sham, mereka melawan rencana operasi tersebut, kata sumber setempat.
         
Sebelumnya, para pegaris keras itu dan militer Turki terlibat baku tembak di daerah dekat perbatasan, menggarisbawahi adanya ketegangan di saat pasukan Turki dan kelompok pemberontak dukungannya tengah bersiap untuk memasuki Idlib.
         
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu bahwa pemberontak Suriah yang didukung oleh pasukan Turki akan melakukan operasi di Idlib dan memperingatkan bahwa Turki tidak akan membiarkan "sebuah koridor teroris" di dekat perbatasannya.
         
Perdana Menteri Binali Yildirim menekankan pentingnya membuat zona penurunan ketegangan di dekat perbatasan.
         
"Kami akan memastikan keamanan di Idlib, dan akan bekerja sama dengan Rusia," kata Yildirim.
         
Operasi tersebut terjadi menyusul terciptanya kesepakatan antara Turki dan Sekutu Presiden Bashar al-Assad, Rusia dan Iran untuk menetapkan zona "penurunan ketegangan" di daerah Idlib dan sekitarnya guna mengurangi peperangan di kawasan tersebut, namun kesepakatan itu tidak membahas Tahrir al-Sham.
         
Seorang penduduk setempat dan pemberontak lokal lainnya mengatakan bahwa mereka telah melihat kendaraan militer Turki memasuki Idlib dan kemudian melakukan perjalanan di bawah pengawasan Tahrir al-Sham di sepanjang jalan.
         
Seorang pemberontak senior Suriah mengatakan tim pengintai itu menuju ke Sheikh Barakat, sebuah lokasi yang dapat memantau daerah pemberontak di provinsi Aleppo, bersebelahan dengan Idlib, dan daerah yang dikuasai Kurdi di Afrin.

Antara/Reuters    
Aulia/KR-AMQ)