Presiden Jokowi: Perempuan Kunci Perdamaian

id presiden jokowi

 Presiden Jokowi: Perempuan Kunci Perdamaian

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

...perdamaian tidak bisa dipaksakan tapi harus ditumbuhkembangkan...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo menyatakan kaum perempuan dan ibu-ibu merupakan kunci adanya perdamaian mulai dari lingkup kecil hingga besar.

"Memang perempuan dan ibu-ibu berperan penting, mereka bisa jadi kunci perdamaian baik skope kecil di keluarga kemudian di wilayah kabupaten dan lebih besar provinsi, negara dan global," kata Presiden Jokowi dalam sambutan saat peringatan Hari Perdamaian Internasional di Kabupaten Sumenep Jawa Timur, Minggu.

Menurut Presiden Jokowi, perdamaian tidak bisa dipaksakan tapi harus ditumbuhkembangkan. Ia menyebutkan yang dapat berperan seperti itu, yang bisa melakukannya adalah perempuan dan ibu-ibu.

Peringatan Hari Perdamaian Internasional digelar di Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid dan Pimpinan UN Woman.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengingatkan Indonesia adalah negara besar dengan 519 kabupaten/kota, 34 provinsi, 1.100 bahasa, beragam budaya. "Saya ingatkan kembali karena negara kita negara besar," katanya.

Ia menyebutkan di Singapura hanya empat suku, Indonesia memiliki 714 suku. Afghanistan awalnya memiliki tujuh suku, namun sekarang berkembang menjadi 40 kelompok yang saling berselisih.

"Indonesia punya 714 suku dan keragaman lainnya, Presiden Afghanistan mengingatkan supaya kita berhati-hati dengan apa yang terjadi di negara itu," katanya.

Menurut dia, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengingatkan agar Indonesia tidak seperti negara itu yang lebih dari 25 tahun bertikai dan perang padahal awalnya hanya ada tujuh suku.

"Suku yang bermacam-macam adalah anugerah Allah. Oleh karena itu kita jaga persaudaraan, ukhuwah islamiah, ukhuwah watoniah dalam skop yang lebih besar," katanya.

Ia menyebutkan bulan Desember nanti Presiden Afganistan akan mengirim 40 utusan baik ulama, tokoh masyarakat maupun lainnya untuk melihat Indonesia yang sebesar ini bisa bersatu.

"Inilah pentingnya perdamaian dalam skope yang besar dan global," katanya.

Dalam kesempatan itu Presiden juga memberikan kuis terkait dengan keberagaman Indonesia kepada hadirin.

Tiga hadirin yang ditunjuk dan berhasil menjawab pertanyaan Presiden mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

(ANTARA)