Lampung Selatan-Lampung Tengah Kerja Sama Pembangunan

id bupati mustafa mou dengan zainudin

Lampung Selatan-Lampung Tengah Kerja Sama Pembangunan

Bupati Lampung Tengah Mustafa (baju putih)dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan tandatangi MoU bidang pangan dan penataan kota di Rumah Dinas Bupati Lampung Tengah di Gunung Sugih, Kamis (5/10) (FOTO: Humas Pemkab Lampung Tengah)

Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan Pemkab Lampung Selatan di Provinsi Lampung sepakat menjalin kerja sama di bidang pembangunan, pangan, dan penataan kota.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota (MoU, red) di bidang pembangunan, pangan, dan penataan kota yang ditandatangani Bupati Lampung Tengah Mustafa dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, Kamis (5/10).

Bupati Mustafa mengatakan kerja sama dengan Pemkab Lampung Selatan dimaksudkan untuk meningkatkan pembangunan secara merata, memenuhi kebutuhan pangan dan penataan kota. Selain itu, juga meningkatkan penataan pemerintahan daerah yang baik.

Menurut Mustafa yang dikenal aktif mempromosikan ronda malam itu, pihaknya telah menjalin hubungan baik dengan semua elemen, termasuk dengan daerah kabupaten/kota. Beberapa telah dituangkan dalam perjanjian kerja sama.

"Silaturahmi terus terjalin. Sebelumnya kami melakukan kunjungan ke Kabupaten Mesuji, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Kota Metro beberapa kali. Mekakui kunjungan ini kami dapat bertukar informasi dan bekerja sama di bidang pembangunan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengenalkan sejumlah program unggulan yang telah dilaksanakan di Lampung Tengah, mulai dari masaklah keamanan lewat ronda, pengentasan pengangguran dengan program kampung entrepreneur creative (KECe), pembangunan jalan kampung 704,26 kilometer, dan lainnya.

Selama kepemimpinannya di Lampung Tengah, Mustafa juga telah menaikkan insentif guru mengaji, perlindungan masyarakat (Linmas), dan RT hingga lima kali lipat. Selain itu, para pemuda juga dimodali untuk berusaha, agar semua masyarakat yang tinggal di kampung berubah pola pikir dan pola hidupnya.

"Namun tentunya semua pembangunan ini harus terus ditingkatkan. Mwlalui kerja sama yang kami jalin saat ini, mudah-mudahan Lampung Selatan dan Lampung Tengah makin maju. Apalagi secara kebudayaan, jika perpadun dan pesisir dikolaborasikan insyaallah bisa lebih kuat dan maksimal," ujar Mustafa.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menyambut baik kerja sama tersebut dan menyatakan akan terus berupaya memberikan dukungan bagi percepatan pembangunan baik di Lampung Selatan maupun di Lampung Tengah. Ia juga memuji program-program yang telah digulirkan Bupati Mustafa.

"Program KECe insyaallah bisa mengentaskan pengangguran. Ronda yang beliau gencarkan juga bukan sekadar menjaga keamanan, tetapi juga untuk melihat kondisi masyarakat dan menyerap aspirasi mereka. Tentunya ini program yang luar biasa," ujarnya.

Usai penandatanganan MoU itu, Bupati Mustafa dan jajaran satuan kerja perangkat daerah berziarah ke makam Radin Inten II di Dusun Cempaka Gedongharta dan menghadiri haul ke-161 Pahlawan Radin Inten II di Lamban Balak (rumah Radin Inten), di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan.

(ANTARA)