Selasa, 24 Oktober 2017

Tiga militan Kurdi dan satu prajurit Turki tewas

id Kurdi, perang Suriah dan Irak, Turki
Tiga militan Kurdi dan satu prajurit Turki tewas
Anggota Partai Pekerja Kurdir (Joey Lawrence/independent.co.uk)
Diyarbakir, Turki (Antara/Reuters) - Militer Turki membunuh tiga militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dalam sebuah bentrokan di wilayah utara Irak dekat perbatasan Turki pada Kamis malam, satu tentara Turki juga tewas, demikian laporan sumber keamanan setempat.
        
Sumber tersebut mengatakan empat tentara Turki terluka dalam baku tembak di daerah Kanimasi di wilayah Dohuk, Irak, melintasi perbatasan dari distrik Cukurca, Turki.
        
Bentrokan tersebut terjadi saat tentara Turki dan Irak melakukan latihan militer sekitar 100 kilometer ke barat di gerbang perbatasan Habur, sebagai bagian dari langkah-langkah terkoordinasi kedua negara tersebut untuk menanggapi referendum kemerdekaan Kurdi.
        
Tentara Turki telah bertahun-tahun ditempatkan di berbagai wilayah di Irak utara, termasuk di Kanimasi, untuk mencegah militan PKK menyeberangi perbatasan ke Turki, demikian sumber tersebut.
        
PKK, yang dituding sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, memiliki komandan yang berbasis di pegunungan Irak utara.
        
Pesawat tempur Turki sering melakukan serangan udara lintas batas terhadap sasaran PKK di sana, namun laporan bentrokan di darat jarang terjadi.
        
Lebih dari 40 ribu orang tewas dalam konflik tersebut sejak PKK meluncurkan pemberontakan separatisnya pada 1984. 

Antara/Reuters
Devi/M Anthoni

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0131 seconds memory usage: 0.46 MB