Selasa, 24 Oktober 2017

Pasca-Referendum Kurdi, Turki dan Irak gelar latihan militer

id Kurdi, Perang Irak dan Suriah, Turki
Pasca-Referendum Kurdi,  Turki dan Irak gelar latihan militer
Turki mengerahkan peralatan perangnya ke perbatasan Suriah (warmonitor.net)
Ankara, Turki (Antara/Xinhua-OANA) - Tentara Irak telah tiba di Turki pada Senin larut malam (25/9) untuk bergabung dalam pelatihan militer di perbatasan Turki-Irak, kata Angkatan Bersenjata Turki di dalam satu pernyataan tertulis.


Tentara dari Angkatan Darat Irak direncanakan bergabung dalam tahap ketiga pelatihan yang dijadwalkan dimulai Selasa di Gerbang Perbatasan Harbur di perbatasan Turki-Irak di Kabupaten Silopi, Provinsi Sirnak, kata pernyataan tersebut.


Hampir 25 prajurit dari pasukan khusus Angkatan Darat Irak telah mengunjungi Turki dengan naik pesawat AC 130 dan mereka dibawa ke Kabupaten Silopi dengan naik Angkatan Darat Turki, kata sumber militer Turki kepada Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.


Turki melancarkan pelatihan itu satu pekan lalu dalam tindakan yang dipandang sebagai pamer kekuatan terhadap Pemerintah Regional Kurdistan Irak, yang menyelenggarakan referendum kemerdekaan pada Senin (25/9) bagi Wilayah Semi-Otonomi Kurdistan Irak.


Irak, Turki, Iran dan Amerika Serikat telah menyampaikan penentangan terhadap referendum tersebut, sebab itu akan mengancam keutuhan wilayah Irak dan makin merusak kestabilan wilayah tersebut.


Angkatan Bersenjata Turki telah melakukan pelatihan militer di sektar perbatasan Turki-Irak sejak 18 September, dengan melibatkan penggunaan tank dan kendaraan berat lapis-baja.

Antara/Xinhua
Chaidar

Editor: Hisar Sitanggang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0085 seconds memory usage: 0.46 MB