Sampah Pasar Simpangpematang Menumpuk di Jalintim

id sampah di jalintim

Sampah Pasar Simpangpematang Menumpuk di Jalintim

Sampah rumah tangga dan sampah dari Pasar Simpang Pematang yang menumpuk di pinggir di Jalan Lintas Timur Sumatera tepatnya di Desa Simpangpematang. (FOTO: ANTARA Lampung/Raharja)

Mesuji, Lampung (ANTARA Lampung) - Ketiadaan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) membuat pinggir Jalan Lintas Timur Sumatera di sekitar Pasar Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung menjadi alternatif untuk membuang sampah.

Kondisi di Jalan Lintas Timur Sumatera tepatnya di Desa Simpangpematang, Kecamatan Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, Sabtu, dipenuhi sampah rumah tangga dan sampah dari Pasar Simpang Pematang yang menumpuk di pinggir jalan.

Selain mengganggu kenyamanan pengguna jalan, tumpukan sampah itu juga menyebabkan bau menyengat ke sekitarnya.

Sampah tersebut mengotori pinggir jalan negara ruas lintas timur Sumatera penghubung antara Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung.

Hasan (38), warga setempat mengatakan, minim keberadaan TPS membuat warga dan petugas pemungut sampah di Mesuji membuang sampah di pinggir Jalan Lintas Timur karena menurutnya di wilayah Kecamatan Simpangpematang tidak ada lokasi TPS.

Menurutnya, kondisi itu sudah terjadi cukup lama.

"Sampah menumpuk di situ sudah lama, di sini memang tidak ada lokasi pembuangan sampah, dan selama saya tinggal di sini tidak pernah ada petugas kebersihan yang mengangkut sampah," ujarnya pula.

Dia mengaku adanya sampah di lokasi itu membuatnya merasa terganggu dengan bau menyengat yang ditimbulkan dari sampah rumah tangga tersebut. Terlebih, selama ini sampah dibiarkan menumpuk tanpa ada penanggulangan baik dari pihak desa, kecamatan ataupun Dinas Kebersihan setempat.

(ANTARA)