Korban gempa Meksiko bertambah, sudah capai 216 orang tewas

id Gempa Meksiko, gempa bumi

Korban  gempa Meksiko bertambah,  sudah capai 216 orang tewas

Jumlah korban tewas telah mencapai 119, sementara petugas SAR terus melakulan pencarian korban hidup. (pedestrian.tv)

Mexico City (Antara/Xinhua-OANA) - Sedikitnya 216 orang telah tewas setelah gempa bumi kuat mengguncang Meksiko Tengah pada Selasa (19/9), dan jumlah korban jiwa diperkirakan akan bertambah karena kuatnya guncangan, kata Lembaga Perlindungai Sipil negeri itu.


Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 pada Skala Richter merobohkan puluhan bangunan, memecahkan jaringan gas dan memicu kebakaran, sehingga membuat ribuan orang menyelamatkan diri ke jalan dalam keadaan panik.


Banyak orang dilaporkan tewas di Ibu Kota Meksiko, Mexico City, Negara Bagian Morelos dan Puebla --yang berdekatan, Negara Bagian Mexico, dan Negara Bagian Guerrero di Meksiko Tengah-Selatan, kata Kepala Lembaga Perlindungan Sipil Nasional Meksiko Luis Felipe Puente.


Di dalam laporan terkini mengenai jumlah orang yang tewas akibat gempa kuat tersebut, Puente mengatakan ada 86 orang yang dikonfirmasi tewas di Mexico City, 71 di Morelos, 43 di Puebla, 12 di Edomex dan tiga di Guerrero.


Jumlah korban jiwa diperkirakan bertambah sebab banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang ambruk, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam. Puluh bangunan ambruk atau rusak parah di beberapa wilayah yang berpenduduk padat di Mexico City dan negara bagian yang berdekatan. Wali Kota Mexico City Miguel Angel Mancera mengatakan bangunan ambruk di lebih dari 40 tempat di ibu kota Meksiko saja.


Menurut US Geological Survey, pusat gempa berada lima kilometer dari Raboso, Pueble.

Antara/Xinhua