China kembali gelar latihan perang di Laut China Selatan

id China, Laut China Selatan

China kembali gelar latihan perang di Laut China Selatan

Kapal induk China melaksanakan pelatihan di Laut China Selatan (ndtv.com/file)

Hanoi (Antara/Reuters) - China pada Rabu menepis kecaman Vietnam terhadap latihan militernya di Laut China Selatan (LCS), dengan menyatakan pihaknya bertindak di dalam wilayah berdaulatnya.
        
China mengadakan latihan-latihan itu di sekitar Kepulauan Paracel, yang diklaim Vietnam sebagai wilayahnya. Latihan-latihan tersebut mendorong Vietnam "untuk melindungi hak-hak sahnya" melalui cara-cara damai.
        
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan kepada wartawan dalam taklimat reguler bahwa China tidak berbuat salah dengan mengadakan latihan-latihan itu.
        
"Kami harap pihak terkait dapat memandang latihan-latihan itu dengan tenang dan beralasan," kata dia, tanpa memberi penjelasan.
        
China mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan, yang dilintasi kapal-kapal dagang internasional yang membawa barang senilai 3 triliun dolar AS tiap tahun. Brunei, Malaysia, Filipina dan Taiwan juga mempunyai klaim atas wilayah Laut China Selatan.
        
Ketegangan antara China dan negara tetangganya Vietnam memuncak dalam tiga tahun terakhir mengenai perairan yang diperselisihkan itu.
        
Vietnam menangguhkan pengeboran minyak di perairan lepas pantai yang juga diklaim oleh China pada Juli setelah Bejing menekannya.
        
China tampak gusar terhadap usaha-usaha Vietnam yang meminta dukungan negara-negara di Asia Tenggara mengenai Laut China Selatan dan juga hubungan pertahanannya yang tumbuh dengan Amerika Serikat, Jepang dan India.

Antara/Reuters
M. Anthoni