Korsel gelar latihan rudal setelah tes nukklir Korut

id Korea Utara, Korea Selatan, uji nuklir, rudal

Korsel gelar latihan rudal setelah tes nukklir Korut

File/ AS dan Korsel gelar latihan penembakan rudal (AFP/dailymail.co.uk)

Seoul/Washington (Antara LampungReuters) - Militer Korea Selatan menggelar suatu latihan rudal pada Minggu, sebagai tanggapan atas tes nuklir keenam Korea Utara, sementara pasar global bereaksi atas peningkatan tajam eskalasi ketegangan antara Korut dan AS.
 
Dewan Keamanan PBB dijadwalkan bersidang pada Senin untuk membahas sanksi baru atas rerim terisolasi. Sementara itu,  Presiden AS Donald Trump telah meminta penjelasan atas semua opsi layak militer, demikian Menhan AS.

AU Korsel dan Angkatan Darat menggelar latihan, termasuk penembakan rudal dari udara ke permukaan dan rudak balistik, demikian pernyataan Kemenhan Korsel.

Latihan rudal yang digelar Senin dilaksanakan oleh militer Korsel, namun dipersiapkan bersama AU AS yang ditempatkan di negara itu.
 
Korea Utara, Minggu, menyebutkan negara itu telah menguji coba bom Hidrogen untuk rudal balistik, yang memicu ancaman militer dahsyat dari AS jika negara itu maupun aliansinya terancam.
 
"Setiap ancaman kepada AS dan wilayahnya, termasuk Guam dan sekutunya, akan dihadapi dengan respon militer besar," kata Menhan AS Jim Mattis.


Antara Lampung/Reuter 
Hisar Sitanggang