Korea Utara : AS dorong Semenanjung Korea ke "Ledakan Ekstrem"

id Korea Utara, rudal, nuklir, penembakan misil

Korea Utara : AS dorong Semenanjung Korea ke "Ledakan Ekstrem"

Gambar TV di jalanan menunjukkan berita peluncuran rudak Korea Utara yang melintasi wilayah Jepang (29/08/17). (Mainichi)

Jenewa (Antara/Reuters) - Korea Utara pada Selasa menuding Amerika Serikat mendorong Semenanjung Korea ke "tingkat ledakan yang ekstrem", dan menyatakan bahwa hal itu dapat dibenarkan dengan mengambil "tindakan balasan yang tegas".
        
Pernyataan yang mengejutkan tersebut datang beberapa jam setelah Korut menembakkan peluru kendali balistik ke Pulau Hokkaido di wilayah utara Jepang ke laut, dan memantik reaksi tajam dari Jepang, AS, Korea Selatan serta negara-negara lain.
        
Duta Besar Korut untuk PBB di Jenewa, Han Tae-song, tidak secara eksplisit mengacu pada uji coba terbaru yang dilakukan negaranya. Namun dia mengatakan "tekanan dan tindakan provokatif AS" hanya akan memberi alasan negaranya untuk mengambil tindakan yang tidak ditentukan.
        
"Ini adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa AS mendorong situasi Semenanjung Korea menuju tingkat ledakan yang ekstrem dengan menyebarkan aset strategis besar-besaran di sekitar semenanjung tersebut, dengan serangkaian latihan perang nuklir dan mempertahankan pembekuan dan pemerasan nuklir selama lebih dari setengah abad," ujar Han pada Konferensi Perlucutan Senjata di Jenewa.

Antara/Reuters
Devi/M Anthoni