Kebakaran Hutan Way Kambas Dipadamkan

id Kebakaran Hutan Way Kambas, Hutan Way Kambas Terbakar, Hutan Way Kambas

Kebakaran Hutan Way Kambas Dipadamkan

Petugas pemadam kebakaran Balai TNWK dan petugas Masyarakat Mitra Polhut (MMP) memadamkan api yang membakar hutan semak-semak di dalam kawasan hutan Way Kambas, Lampung Timur. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Kebakaran semak-semak dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung yang terjadi sejak Minggu (20/8) sore berhasil dipadamkan.

Adi Sumari, petugas Masyarakat Mitra Polhut (MMP) TNWK ditemui di Desa Sukorahayu, Lampung Timur, Selasa, mengatakan kebakaran hutan semak-semak itu terjadi pada areal Seksi III Resort Kuala Penet hutan TNWK.

Menurut dia, kebakaran hutan semak-semak itu terjadi sejak Minggu (20/8) sore, namun akhirnya api dapat dipadamkan pada Selasa (22/8) pagi.

"Apinya sudah padam pada Selasa pagi ini, setelah dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran TNWK bersama Masyarakat Mitra Polhut TNWK," katanya pula.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNWK Hermawan dihubungi lewat telepon membenarkan adanya kebakaran hutan TNWK itu.

Dia menyebutkan luas areal hutan yang terbakar di kawasan Seksi III Resort Kuala Penet hutan TNWK pada Senin (21/8) mencapai seluas 156 hektare.Tapi, dia menegaskan kawasan hutan TNWK yang terbakar adalah berupa hutan semak-semak kering. "Yang terbakar hanya hutan semak-semak, bukan hutan pohon kayunya, karena musim panas ini rumput dan ilalang yang ada menjadi mudah terbakar," kata dia.