Kopassus minta komponen bangsa jaga integritas dan soliditas

id TNI, Kopassus

Kopassus minta komponen bangsa jaga integritas dan soliditas

Pasukan elit TNI (Antaranews.com)

Jakarta (Antara Lampung) - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga soliditas dan integritas antara TNI, Polri dan masyarakat dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72.


"Dalam pesan HUT RI ini, mari kita jalin soliditas, integritas, dan kebhinekaan seperti yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada doa bersama "1717 17" agar menumbuhkan Indonesia yang lebih kasih sayang," kata Asisten Personil (Aspers) Danjen Kopassus Letkol Inf Vivin Alifianto di sela-sela acara lomba Peringatan HUT Ke-72 RI, di Lapangan Gatot Subroto, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu.


Dalam memeriahkan HUT Ke-72 RI, Kopassus menggelar berbagai macam perlombaan bagi prajurit Kopassus dan PNS di lingkungan Kopassus, diantaranya, lomba balap karung berpasangan, lomba gendong istri, lomba tarik tambang, lomba panjat pinang, dan lainnya.


"Dalam meriahkan HUT RI, kita gelar berbagai macam lomba. Ini dalam rangka meningkatkan soliditas prajurit di tubuh Kopassus," kata Vivin.


Tak hanya itu, kata dia, dalam acara lomba yang digelar hingga Sabtu sore, juga melibatkan unsur-unsur masyarakat yang menjadi warga binaan Kopassus.


"Kopassus hadir bersama masyarakat sebagai wujud bakti sinergitas antara prajurit dan rakyat ditengah-tengah keberagaman dan kebhinnekaan. Kebersamaan antara prajurit dan rakyat di wilayah Cijantung diharapkan dapat lebih mempererat tali silaturahmi, rasa persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa," ujarnya.


Perhatian ini diharapkan dapat membangkitkan semangat bagi warga masyarakat untuk menjalani kehidupan, yang dilandasi rasa kekeluargaan dan kebersamaan untuk mencapai cita-cita bersama menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.


"Hal tersebut ditunjukkan oleh keikutsertaan dan ketertibatan para pedagang untuk menjadi peserta pada lomba tarik gerobak pada dagangannya masing-masing. Itulah bentuk Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," tegas Vivin.


Dalam perlombaan itu, Kopassus juga menggelar lomba karnaval yang menampilkan berbagai ragam budaya nasional dan penampilan unik sesuai ciri khas masing-masing yang diikuti oleh 37 peserta,yang meliputi 10 satuan institusi militer di wilayah Cijantung (Sat 81 Kopassus, Grup 3 Kopassus, Denma Kopassus, Yonkav 7IDam Jaya, Yonkav 1/ Kostrad, Denzibang, Denzipur, Denpom 2 Cijantung, Brigif 1IPIK, Brigif 7/PR); dua Taman Kanak-Kanak (TK Atang dan TK Gatot); lima SD, tiga SMP, dua SMA; Desa Binaan Grup 3 dan Sat 81 Kopassus; Warga RW 03, 04, 05 dan 08 serta PT Kobame Propertindo.


Para peserta karnaval akan menampilkan atraksi budaya terbaiknya di depan para juri dan masyarakat sekitar Cijantung.


Secara khusus yang sangat menarik dari pelaksanaan karnaval adalah tampilan Grup Sisingaan 'Budhi Kancana Wangi'.