Sabtu, 23 September 2017

Mahasiswi Universitas Chicago Teliti Ronda Lampung Tengah

id MAHASISWI UNIVERSITAS CHICAGO TELITI RONDA LAMPUNG TENGAH, ronda, lampung tengah
Mahasiswi Universitas Chicago Teliti Ronda Lampung Tengah
Mahasiswi dari Unversitas Chicago, Sana Jaffrey saat bersua Bupati Lampung Tengah Mustafa. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)
Saya dengar di Lampung Tengah bupatinya mau ikut ronda bareng warga. Saya langsung tertarik untuk melakukan penelitian. Bagaimana seorang pemimpin mampu menggerakkan masyarakatnya untuk ikut ronda. Saya tertarik untuk menelitinya,
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Seorang mahasiswi dari Unversitas Chicago, Sana Jaffrey melakukan penelitian di Lampung Tengah terkait konsep ronda yang diprogramkan serta dijalankan oleh bupati setempat,Mustafa.

Dalam keterangan dari Humas Pemkab Lampung Tengah diterima di Bandarlampung, Jumat, penelitian dilakukan untuk mengkaji tentang peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dari lima provinsi yang diteliti, Lampung Tengah menjadi pilihannya. Hal ini tak terlepas dari keunikan Bupati Mustafa yang terjun langsung ikut ronda.

"Saya dengar di Lampung Tengah bupatinya mau ikut ronda bareng warga. Saya langsung tertarik untuk melakukan penelitian. Bagaimana seorang pemimpin mampu menggerakkan masyarakatnya untuk ikut ronda. Saya tertarik untuk menelitinya," kata Sana saat menyambangi rumah dinas bupati setempat.

Selain Lampung ia juga meneliti beberapa metode pengamanan lainnya di Indonesia, seperti Jawa Barat, Banten, NTB dan Sulawesi Selatan. Nantinya penelitian tersebut diharapkan bisa menjadi rujukan dalam peningkatan keamanan di Indonesia yang melibatkan masyarakat.

"Metode yang saya gunakan adalah wawancara dan observasi langsung di lapangan. Ronda di Lampung Tengah menjadi penelitian yang paling menarik, karena biasanya pengamanan hanya menjadi tanggung jawab kepolisian. Tapi ini bupatinya juga mau turun. Saya bersyukur sekali bisa wawancara beliau," ujarnya.

Sebelumnya Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman mengapresiasi Bupati Lampung Tengah Mustafa yang sangat konsisten menjalankan program dan kegiatan ronda malam di wilayahnya karena telah mampu meningkatkan keamanan.

"Program ronda ini sangat membantu peningkatan keamanan di wilayah hukum Lampung Tengah (Lamteng). Pak Mustafa tidak hanya memberi instruksi tapi bahkan terjun langsung ikut ronda malam," kata Pangdam saat melakukan kunjungan ke Bupati Lampung Tengah, Kamis (27/4).

Menurut Pangdam, beberapa wilayah di Lampung Tengah yang dulu dikenal angker kini pelan-pelan mulai aman.

"Saya kenal Padangratu, Anak Tuha yang sebelumnya dikenal angker. Dengan adanya ronda kini kian aman. Saya ucapkan terima kasih kepada pak bupati," ujarnya.

Ia menilai yang dilakukan Bupati Lampung Tengah sangat luar biasa. Sebagai kepala daerah, Mustafa tidak hanya menginstruksikan tapi ikut terjun langsung memantau ronda. Hal ini juga menunjukkan perhatian bupati terhadap kesejahteraan Babinkantibmas sangat besar.

Pangdam menjelaskan bahwa tanggung jawab keamanan tidak hanya dibebankan kepada kepolisian dan TNI, tapi menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Mustafa mengatakan, dalam rangka meningkatkan keamanan, diharapkan kerja sama dengan aparat TNI dan kepolisian dapat terus ditingkatkan. Kedatangan Pangdam II Sriwijaya diharapkan menjadi langkah awal peningkatan kerja sama tersebut.

"Kerja sama ini bisa melalui program tentara masuk desa atau karya bakti di desa-desa. Saya harap sinergitas antara pemerintah dengan aparat keamanan terus ditingkatkan. Mari bersama-sama kita wujudkan pemberdayaan masyarakat yang lebih baik," katanya. *

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.008 seconds memory usage: 0.48 MB