Lampung Tengah raih tiga rekor MURI

id Ronda, Lampu Tengah, kentongan

Lampung Tengah raih tiga rekor MURI

Bupati Lampung Tengah, Mustafa (dua dari kanan), ikut ronda sama warganya (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

Lampung Tengah (Antara Lampung) - Kabupaten Lampung Tengah meraih tiga rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
         
Menurut Bupati Lampung Tengah Mustafa, di Gunungsugih, Jumat, aksi sejuta kentongan, pameran 1.400 produk KECe, dan pembangunan jalan kampung terpanjang dilaksanakan bukan untuk mengejar rekor, tapi menggelorakan semangat kebangsaan dan semangat membangun untuk kepentingan rakyat.
         
"Semangat cinta harus kita tanamkan ke seluruh masyarakat bangsa ini. Sementara melalui pameran produk KECe kami tumbuhkan ekonomi kerakyatan. Masyarakat juga mendambakan jalan mulus, karenanya saya menginisiasi pembangunan jalan kampung terpanjang di Indonesia," katanya.
         
Diperkirakan jutaan kentongan menggema di Kabupaten Lampung Tengah dalam perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia, Kamis (17/8).
         
Dipusatkan di Lapangan Merdeka Gunungsugih, pemukulan kentongan merah putih ini juga berlangsung di seluruh kecamatan di Lampung Tengah, usai upacara pengibaran bendera merah putih.
         
Aksi ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori pemukulan kentongan terbanyak di Indonesia. Rekor MURI juga disabet Lampung Tengah dengan pameran 1.400 produk UMKM terbanyak (KECe) dan pembangunan jalan kampung terpanjang di Indonesia.
         
Seraya menyanyikan lagu kemerdekaan, puluhan ribu peserta upacara memukul kentongan berwarna merah putih. Sekitar 1.400-an produk KECe juga dipamerkan, terdiri dari berbagai olahan makanan dan kerajinan tangan yang diproduksi oleh masyarakat Lampung Tengah.
         
Kentongan sendiri identik dengan Bupati Mustafa yang aktif melakukan ronda dengan menggerakkan masyarakat, Mustafa berhasil menjaga keamanan di seluruh penjuru Lampung Tengah dengan ronda dan kentongan.
         
Hasil ronda dinilai sangat efektif karena mampu menekan angka kriminalitas pada malam hari. Bahkan, Bupati Mustafa rutin melakukan ronda malam dengan mengunjungi kampung-kampung di Lampung Tengah.
 
ANTARA