PGN Renovasi 45 Rumah Veteran di Lampung

id pgn bagikan konverter

PGN Renovasi 45 Rumah Veteran di Lampung

Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Jobi Triananda Hasjim (keempat dari kiri) akan menggunting pita saat acara program bantuan renovasi 45 unit rumah veteran dalam rangka peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Bandarlampung, K

...Ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Perusahaan Gas Negara (PGN) memberikan bantuan bedah rumah bagi 45 rumah veteran di wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, sebagai bentuk BUMN Hadir untuk Negeri.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim di Bandarlampung, Kamis, mengatakan bahwa bantuan bedah rumah tersebut merupakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri. Dalam program bedah rumah di Lampung ini PGN bekerja sama dengan PTPN 7, untuk merenovasi 45 unit rumah veteran.

"Kami sangat bersyukur PGN dapat menjalankan amanah pada rangkaian program sosial dalam rangka peringatan HUT Ke-72 tahun Kemerdekaan RI. Kementerian BUMN menugaskan PGN dan PTPN 7 untuk merenovasi 45 unit rumah veteran," kata Jobi.

Ia menyebutkan, renovasi rumah yang dilakukan mulai dari pembangunan pondasi, perbaikan atap, pemasangan plafon, pemasangan keramik, plester aci dinding rumah, renovasi kamar mandi dan lainnya tergantung dari kebutuhan perbaikan masing-masing rumah veteran itu sendiri.

Dalam program bedah rumah di Lampung ini, PGN mengeluarkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar. Renovasi 45 unit rumah veteran tahun ini tersebar di Bandarlampung sebanyak 10 unit, Kota Metro sebanyak 10 unit, Lampung Timur 12 unit, Lampung Tengah 8 unit, dan Lampung Selatan 5 unit.

Menurut Jobi, selain bentuk kepedulian terhadap para veteran, bedah rumah ini juga bertujuan untuk memperbaiki rumah tinggal para pejuang kemerdekaan agar layak huni dan nyaman.

"Ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN, dan BUMN untuk memberikan penghargaan atas jasa perjuangan veteran yang telah mengantarkan Indonesia ke Kemerdekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Saat ini proses pengerjaan bedah rumah masih berlangsung dan diharapkan selesai pada November 2017.

Dirut PGN menambahkan bedah rumah ini merupakan program kepedulian PGN melalui Program BUMN Hadir untuk Negeri yang akan terus-menerus dilakukan.

Sebelumnya pada 2016 lalu, PGN juga telah merenovasi sekitar 50 rumah para veteran yang berada di wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat dengan biaya sebesar Rp1,2 miliar. Lalu pada tahun 2015, PGN juga merenovasi 47 rumah veteran di wilayah DKI Jakarta dengan biaya Rp2,2 miliar.

"Program ini telah berlangsung untuk ketiga kalinya dan ke depan diharapkan renovasi rumah veteran akan lebih banyak lagi," kata Jobi.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Provinsi Lampung HM Joesoef menyatakan terimakasihnya kepada Kementerian BUMN yang telah memberikan bantuan rehabilitasi rumah para veteran.

"Anggota LVRI Lampung sebelumnya mencapai 6.000 orang. Namun sekarang telah berkurang menjadi sekitar 850 orang," kata dia.

Bantuan rehabilitasi rumah anggota veteran, lanjutnya, sangat bermanfaat mengingat kondisi rumah sebagian anggota veteran cukup memprihatinkan karena telah berumur puluhan tahun.

Ia mengharapkan ke depan Kementerian BUMN dapat memberikan bantuan rehabilitasi rumah lebih banyak lagi.

Pada acara itu hadir Asisten Deputi Kementerian BUMN Agus Suharyono, Dirut PTPN 7 Andi Wibisono dan sejumlah anggota LVRI Provinsi Lampung. 


(ANTARA)