Lampung Tengah Bangun Tugu RTH Rp4 Miliar

id lamteng bangun rth

Lampung Tengah Bangun Tugu RTH Rp4 Miliar

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah akan membangun Tugu Canang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dipusatkan di Lapangan Merdeka Gunungsugih (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Tugu Canang menjadi simbol untuk menyampaikan gerakan perubahan. Sementara 9 patung gajah menjadi simbol sembilan marga yang menjadi tonggak sejarah di Lampung Tengah...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung akan membangun Tugu Canang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dipusatkan di Lapangan Merdeka Gunungsugih dengan anggaran Rp4 miliar.

Kepala Bidang Air Minum dan Pertamanan Dinas Pemukiman Raya dan Kawasan Perumahan (PRKP) Lampung Tengah, Indra Erlangga dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Jumat mengatakan tugu canang dan ruang terbuka hijau akan menjadi ruang publik hijau bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat menikmati pemandangan yang berbeda dari sebelumnya.

"Tugu canang dan RTH Insya Allah akan dibangun mulai bulan ini, peletakkan batu pertama kemungkinan antara tanggal 19 atau 20 Agustus. Proses pembangunannya bertahap, tahap pertama tahun ini dibangun Tugu Canang terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan sarana penunjang lainnya," kata dia.

Dia menambahkan Tugu Canang dan RTH ini juga akan difasilitasi dengan taman bermain, rest area, food coort dan sarana lainnya. Masyarakat berkesempatan berjualan makanan di stan-stan yang disediakan.

"Di sini nantinya bakal ada rest area. Pengendara yang melintas bisa mampir atau singgah. Dengan ini Lampung Tengah tidak hanya menjadi tempat perlintasan, tetapi juga tempat persinggahan," kata dia.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Mustafa mengatakan tak hanya membangun tugu canang, Pemkab Lampung Tengah juga bakal segera membangun tugu gajah yang lokasinya berada di sebelah Kantor Badan Pertanahan Nasional Lampung Tengah. Di lokasi tersebut akan dibangun sembilan patung gajah yang menandai Kesuttanan Jurai Siwo Mego.

"Tugu Canang menjadi simbol untuk menyampaikan gerakan perubahan. Sementara 9 patung gajah menjadi simbol sembilan marga yang menjadi tonggak sejarah di Lampung Tengah. Insya Allah keduanya akan dibangun tahun ini secara bertahap. Diharapkan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan dari luar kabupaten," kata dia.


(ANTARA)