China : India bangun kekuatan militer di perbatasan

id Perbatasan India dan China, militer India, militer China

China : India bangun kekuatan militer di perbatasan

Tentara India di perbatasan dengan China (thehindu.com)

Beijing (Antara/Reuters) - Kementerian Luar Negeri China pada Kamis mengatakan bahwa India telah membangun kekuatan pasukan dan memperbaiki jalan-jalan di sepanjang sisi perbatasannya, di tengah keadaan yang semakin menegangkan di wilayah perbatasan kedua negara, di sebelah Kerajaan Bhutan.
         
Perselisihan di sebuah kawasan dataran tinggi, di dekat negara bagian Sikkim, yang berbatasan dengan China, telah meningkatkan ketegangan kedua negara bertetangga itu.
         
China dan India memiliki perbatasan sepanjang 3.500 kilometer, di mana sebagian besarnya masih mengundang perdebatan. China dan India memiliki perbatasan sepanjang 3.500 kilometer, di mana sebagian besar wilayah tersebut masih mengundang perdebatan.
         
"Sudah lebih dari sebulan sejak kejadian tersebut, dan India masih berada disana. Mereka tidak hanya tinggal di wilayah China secara tak berizin, namun mereka juga memperbaiki jalan, menimbun persediaan, mengumpulkan sejumlah besar anggota bersenjata," kata Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan.
         
"Tindakan ini tentu bukan untuk menciptakan perdamaian," tambahnya.
         
India menolak tuduhan bahwa mereka membangun kekuatan militer semacam itu, dan dalam sebuah pernyataannya kepada parlemen pada Kamis, Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj mendesak diadakannya pembicaraan berdasarkan kesamaan pemahaman tertulis, mengenai persimpangan perbatasan yang dicapai pada 2012 lalu.
         
"India selalu percaya bahwa kedamaian dan ketenangan di perbatasan India-China merupakan prasyarat penting untuk kelancaran pengembangan hubungan bilateral kedua negara," kata Swaraj.
         
"Kami akan terus terlibat dengan pihak China melalui saluran diplomatik untuk menemukan solusi yang dapat diterima secara bersama," ujarnya.

 
ANTARA/REUTERS
Aulia/Chaidar