Dua Petarung Lampung Raih Sertifikat Pelatih Nasional

id sertifikat pelatih nasional tarung drajat

Dua Petarung Lampung Raih Sertifikat Pelatih Nasional

Dua petarung tarung derajat asal Kawah Universitas Bandarlampung meraih sertifikat sebagai pelatih nasional dari Kawah Tarung Derajat Pusat (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Dua petarung tarung derajat asal Kawah Universitas Bandarlampung meraih sertifikat sebagai pelatih nasional dari Kawah Tarung Derajat Pusat dan dengan sertifikat yang diraih mereka bisa melatih di kawah maupun satuan latihan tarung derajat di seluruh Indonesia.

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Kesatuan Olahraga Tarung Derajat Lampung, Bery Salatar di Bandarlampung, Senin (31/7) mengatakan, dua petarung asal Lampung yang menerima sertifikat tersebut adalah Yudha Putra berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat pelatih nasional melatih tingkat provinsi dan Khairul Naim (Yoi) berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat pelatih nasional melatih tingkat kabupaten/kota.

"Ada 64 peserta dari seluruh Indonesia yang bersaing untuk mendapatkan sertifikat. Namun, hanya 23 peserta saja yang dinyatakan lulus dan dua diantaranya adalah dari Bandarlampung. Dengan mendapatkan sertifikat, mereka berhak melatih di setiap kawah dan satuan latihan tarung derajat di seluruh Indonesia" katanya.

Bery tak menampik kawah tarung derajat UBL sangat berperan dalam prestasi ini, karena sebelum berangkat, dua perwakilan Lampung itu tidak hanya dipersiapkan pembekalan fisik dan mental tapi juga mendapatkan pengarahan dan pelecut motivasi dari Ketua Umum Pengprov Kodrat Lampung Dr Ir M Yusuf S Barusman MBA.

"Di kawah UBL ini, mereka dipersiapkan sangat maksimal. Dengan aktivitas tetap berlatih dan sparing berjam-jam hingga larut malam, setiap hari. Mereka juga harus menghafalkan gerakan, mematangkan skill, fisik sampai pengetahuan ketarungderajatan, tentu dengan konsentrasi dan selektivitas sangat tinggi. Akhirnya, hasil yang diperoleh bisa sangat maksimal," katanya lagi.

Keberhasilan ini, kata Bery tidak lepas dari program kerja Pengprov Kodrat Lampung yang berhasil memperbaiki kualitas atlet senior untuk dipersiapkan sebagai pelatih.

"Mereka ini salah satu terbaik dari yang baik. Bisa ikut pelatihan nasional ini tidak mudah, mereka digojlok dari fisik, mental, hingga skill habis-habisan," ujar dia lagi.

Bery bersyukur dengan pencapaian ini, kedua wakil Lampung ini dapat sebagai role model dalam mentransfer ilmu, pengalaman, hingga mental juara untuk dikembangkan pada tiap daerah di Lampung. Setelah ini, Kodrat Lampung akan mengadakan pelatihan gabungan tingkat atlet maupun pelatih.

"Ini bentuk Kodrat Lampung menumbuhkembangkan dan menyinambungkan kaderisasi secara sah. Dari hasil ini, para peserta mendapatkan sertifikat tingkat provinsi, dan yang terbaik dari mereka bisa dipromosikan ke tingkat nasional," katanya pula.

Ketua Umum Pengprov Kodrat Lampung Yusuf S Barusman sangat mengapresiasi keberhasilan ini. Setelah ini, diharapkan terus ada peningkatan kualitas semua lini tarung derajat Lampung.

Sebelum pelatihan nasional tahun depan, kami akan seleksi pelatih dan atlet senior kabupaten/kota di tingkat provinsi yang mumpuni mulai dari ajang pekan olahraga nasional (popnas), pekan olahraga mahasiswa (pomnas) dan kejuaraan nasional (kejurnas). Tidak hanya dari prestasi medali, mereka juga dilihat kompetensi, motivasi, maupun hal-hal lainnya, katanya pula.