Menhan: Indonesia Beli Pesawat Sukhoi Su-35

id ryamizard ryacudu, menteri pertahanan, indonesia beli sukhoi su-35

Menhan: Indonesia Beli Pesawat Sukhoi Su-35

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu (FOTO ANTARA: Fahrul Jayadiputra/Dok)

...Beli saja sedikit, nanti dikembangkan. Besok saya akan minta pabrik 'drone' datang, uji coba mana yang bagus," jelas Ryamizard...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Pemerintah Indonesia memastikan akan memperkuat pertahanan udaranya dengan membeli alat utama sistem pertahanan (alutsista) jet tempur Sukhoi Su-35, kata Menteri Perthananan Ryamizard Ryacudu.

"Tadi (membahas) pembelian Sukhoi, finalisasi sudah. Sudah itu akan membeli 'drone', selain itu masalah regulasi siber," kata Ryamizard saat ditemui usai menghadiri rapat terbatas tentang Alutsista di Kantor Presiden Jakarta, Rabu.

Menurut Menhan, Indonesia berencana membeli 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 Flanker. "Sudah negoisasi pembelian, sudah dua tahun," tambah Ryamizard.

Selain itu, terkait rencana pembelian "drone" atau pesawat nirawak, Menteri menjelaskan pemerintah sedang mencari "drone" yang berkualitas dan biaya terjangkau serta kemampuan transfer teknologi yang memadai bagi kemandirian industri pertahanan Indonesia.

"Beli saja sedikit, nanti dikembangkan. Besok saya akan minta pabrik 'drone' datang, uji coba mana yang bagus," jelas Ryamizard.

Sementara itu, Kepala Badan Sarana Pertahanan Laksda Leonardi mengatakan TNI AU membutuhkan "drone" dengan kualifikasi pesawat yang dapat mendeteksi serta melakukan identifikasi dan juga melakukan penyerangan.

Leonardi menambahkan hingga saat ini pemerintah merencanakan membeli enam unit "drone" dengan tiga baterai.

"Yang bisa memberikan, mengizinkan kita untuk beli itu China. Yang lain tidak mau jual. Sejauh ini sudah penjajakan 'G to G' dengan spesifikasinya dari TNI AU," jelas Leonardi.

Sebelumnya dalam rapat terbatas, Presiden Jokowi menegaskan pemerintah harus mengoptimalkan pembelian alutsista yang mengarah kepada pembangunan kemandirian industri pertahanan di dalam negeri.

Presiden menegaskan Indonesia memperoleh sejumlah tawaran kerja sama alutsista dari banyak negara dengan sejumlah tawaran seperti transfer teknologi, desain bersama hingga realokasi fasilitas industri pertahanan dari negara produsen ke Indonesia.

"Saya juga ingatkan pengadaan alutsista harus memerhatikan pendekatan daur hidup, misalnya tidak hanya membeli pesawat tempur tanpa mempertimbangkan biaya daur hidup alutsista tersebut 20 tahun ke depan," tegas Jokowi.

Indonesia berencana membeli pesawat tempur Sukhoi Su-35 sebagai pengganti F-5E/F Tiger II di Skuadron Udara 14 TNI AU yang telah pensiun. (ANTARA)