Perguruan Paku Banten Perkuat Konsolidasi Jaga Persatuan

id paku banten lampung

Perguruan Paku Banten Perkuat Konsolidasi Jaga Persatuan

Ketua Umum Paku Banten Indonesia, Irham Djafar Lan Putra (tengah) didampingi Ketua Paku Banten Kabupaten dan Kota se-Lampung, pada acara halal bihalal, Bandarlampung, Minggu (23/7) (FOTO: ANTARA Lampung/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Perguruan Paku Banten Indonesia, sebuah organisasi kemasyarakatan terus memperkuat konsolidasi untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Anggota Perguruan Paku Banten Indonesia tidak hanya orang asal Banten maupun Lampung saja, tetapi semua suku bangsa yang ada di Tanah Air dengan tujuan mempersatukan dan memperkuat persaudaraan demi NKRI tercinta," kata Sekretaris Jenderal Perguruan Paku Banten Indonesia Sulpakar pada halal bihalal Perguruan Paku Banten Indonesia di Bandarlampung, Minggu (23/7).

Selain menjaga persatuan dan kesatuan, Paku Banten Lampung juga tetap menjunjung Kebhinekaan Tunggal Ika mengingat anggota Paku Banten bukan hanya berasal dari keturunan Banten ataupun Lampung saja tetapi dari beberapa daerah lainnya.

Ia menjelaskan, halal bihalal dalam rangka menjaga silaturahmi serta mewujudkan soliditas antara anggota Paku Banten dari seluruh kabupaten dan kota se-Lampung.

Demi mewujudkan soliditas anggota Paku Banten Indonesia, pihaknya akan mendirikan posko di setiap kabupaten/kota.

Sulpakar menjelaskan, berdasarkan arahan dari Ketua Dewan Pembina Perguruan Paku Banten Indonesia M Ridho Ficardo, posko tersebut dapat dijadikan tempat berkumpul dan `sharing` berbagai kegiatan serta sebagai tempat pengajian rutin.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo selaku Ketua Dewan Pembina memberikan bantuan Rp2,5 juta untuk membentuk pokso tersebut.

"Selain itu, bukan hanya yang beragama Islam saja yang bisa berkumpul, tetapi juga agama lainnya, sesuai dengan tujuan untuk mempersatukan dan memperkuat Paku Banten demi perkuat persaudaraan," katanya.

Di sisi lain, Ketua Umum Paku Banten Indonesia Irham Djafar Lan Putra saat ditanya pilkada di Lampung tahun 2018 menyatakan saat ini Paku Banten belum menentukan sikap, tetapi sebagai salah satu ormas di Lampung pihaknya akan ikut menjaga suasana kondusif.

Terkait Ketua Dewan Pembina Paku Banten Indonesia, M Ridho Ficardo yang akan maju pada Pilgub Lampung mendatang, Irham mengatakan, masyarakat dapat menerjemahkan sendiri mengenai sikap Paku Banten terhadap hal tersebut.

"Ini dalam rangka 1 Syawal, kita halal bihalal mengenai pilkada di Lampung kita belum kasih sikap, nanti pada saatnya kita akan tentukan sikap yang penting sekarang kita jaga suasana kondusif, walaupun sebenarnya ketua dewan pembina kita masih mau nyalon kan," ujarnya.

Hadir pada acara halal bihalal Paku Banten Indonesia itu, sejumlah pengurus dari kabupaten dan kota serta ratusan anggota Paku Banten se-Lampung.

(ANTARA)