Survei : Kepuasan hidup warga Selandia Baru meningkat

id Selandia Baru, wisata

Survei : Kepuasan hidup warga Selandia Baru meningkat

Wellington termasuk destinasi wisata pilihan pada 2016. (stuff.co.nz)

Wellington, Selandia Baru  (Antara/Xinhua-OANA) - Kebanyakan orang Selandia Baru mengatakan mereka sangat menikmati hidup mereka, demikian keterangan Departemen Statistik Selandia Baru, Stat NZ, dalam satu jajak pendapat pada Kamis (20/7).
        
Sebanyak 83 persen warga Selandia Baru menganggap kepusan hidup mereka secara keseluruhan pada kisaran angka tujuh atau lebih tinggi dalam skala 0-10.
        
Rakyat Negara Kiwi tersebut mengatakan mereka memiliki perasaan kuat sebagai milik keluarga dan negeri itu, kata survei terbesar Selandia Baru mengenai kesejahteraan --Survei Sosial Umum (GCC).
        
Kebebasan, hak asasi manusia dan perdamaian; dan lingkungan hidup serta pemandangan alamiah; menempati posisi sebagai faktor yang sangat penting dalam mendefinisikan Selandia Baru, demikian jajak pendapat atas hampir 9.000 orang Selandia Baru.
        
Namun orang tua lebih mungkin dibandingkan dengan orang muda untuk menempatkan pertanian sebagai yang paling penting dalam menetapkan Selandia Baru, kata survei itu, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Survei tersebut dilakukan di seluruh negeri itu pada 2016-2017. Survei pertama di negeri tersebut dilakukan pada 2008-2009.
        
Sebanyak 18 persen orang Selandia Baru mengatakan mereka memiliki lebih dari cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, naik dari sebanyak 13 persen pada 2008, kata jajak pendapat itu.
        
Cuma kurang dari 11 persen orang Selandia Baru mengatakan mereka tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan mereka buat tempat tinggal, makan, pakaian dan keperluan lain. Jumlah tersebut turun dari 15 persen orang yang mengatakan mereka tidak memiliki cukup kebutuhan dasar pada 2008, demikian survei itu.

Antara/Xinhua-OANA
Chaidar