Pemprov Berharap Kim Dapat Tampung Pekerja Lokal

id sekda sutono dan kim, sutono

Pemprov Berharap Kim Dapat Tampung Pekerja Lokal

Sekretaris Daerah Sutono saat menerima Vice President Aset PT.Pertamina Hermawan, Pimpinan PT Repindo Jagad Raya sebagai Pengembang KIM dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Provinsi Lampung Iing Sarkim, di Ruang Rapat Sekda, Kamis (20/7) (Foto: Hu

...Kawasan industri yang merupakan salah satu program prioritas nasional ini harus menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi Lampung, katanya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mengharapkan kawasan industri maritim (KIM) di Kabupaten Tanggamus dapat menampung pekerja lokal.

"KIM di Kabupaten Tanggamus yang telah dimulai proses pembangunan harus mempekerjakan putra putri terbaik Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, di Bandarlampung, Jumat

Ia mengatakan investor yang akan masuk harus membawa berkah bagi daerah dan masyarakat Lampung.

"Kawasan industri yang merupakan salah satu program prioritas nasional ini harus menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi Lampung," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung sepenuhnya kelancaran proses pembangunan infrastruktur KIM.

Menurutnya, sesuai dengan kewenangannya Pemerintah Provinsi Lampung akan mendukung kelancaran perizinan, selanjutnya akan memediasi semua pemangku kepentingan untuk berkoordinasi.

"Kami akan jadwalkan dalam waktu dua minggu ke depan, Pemprov akan memfasilitasi rapat koordinasi antara pihak PLN, BPN, Pertamina, Pemkab Tanggamus, dinas perhubungan, dinas perizinan.

Rapat koordinasi dijadwalkan dapat mengurai masalah dan menemukan solusinya," katanya.

Pejabat PT Pertamina Hermawan memaparkan PT Pertamina sebagai pemilik 1.022 Ha lahan untuk KIM Tanggamus membutuhkan bantuan pemerintah untuk kelancaran perizinan, penyediaan infrastruktur, sosialisasi ke masyarakat, proses sertifikasi lahan dan menjadi investor bagi KIM.

"KIM yang akan dibangun diharapkan memiliki `multiplier effect` bagi masyarakat diantaranya untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi, akan menyerap tenaga kerja lokal yang diperkirakan mencapai lebih kurang 38 ribu pekerja," katanya.

Efek pembangunan KIM juga akan meningkatkan konektivitas antardaerah melalui berbagai sarana infrastruktur yang akan dibangun dan akan mendorong proses transfer `knowledge` melalui pelatihan dan kursus yang akan dilaksanakan.