PGN Salurkan Gas ke Pembangkit Listrik dan Industri

id pgn lampung

PGN Salurkan Gas ke Pembangkit Listrik dan Industri

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk makin memperluas pasokan gas bumi ke berbagai daerah, tidak hanya secara konvensional melalui jaringan pipa gas, melainkan dalam bentuk gas alam terkompresi atau compressed natural gas (CNG). (dok PGN)

...Lampung sendiri menjadi salah satu wilayah operasi PGN dalam menyalurkan energi gas bumi...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) menyalurkan gas bumi ke pembangkit listrik dan industri di Lampung.

"Lampung sendiri menjadi salah satu wilayah operasi PGN dalam menyalurkan energi gas bumi," kata Direktur Utama PT PGN Jobi Triananda Hasjim, di Bandarlampung, Kamis (20/7).

Saat ini, PGN mennyalurkan gas bumi di tiga pembangkit listrik, satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), tiga hotel dan 16 industri.

Penyaluran gas ke pembangkit listrik itu diharapkan pula dapat mengurangi beban puncak.

"Salah satu pembangkit itu berada di kawasan Tarahan," ujarnya.

 Ia menjelaskan PGN juga mendapatkan penugasan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk membangun jaringan gas rumah tangga di Kota Bandarlampung sebanyak 10.321 sambungan.

"Sambungan gas tersebut gratis diperuntukkan bagi warga kurang mampu, yang dananya berasal dari APBN," katanya.

Menurutnya, pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga itu telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, dan ditargetkan selesai pada Desember 2017.

Ia mengatakan, Lampung memiliki Offtake Station PGN di Labuhan Maringgai. Offtake Station PGN di Labuhan Maringgai adalah lokasi pengoperasian kapal Floating Storage Regatification Unit (FSRU).

Keberadaan FSRU Lampung sangat strategis karena mampu meningkatkan serapan gas bumi untuk domestik dan mengurangi ekspor gas bumi, sehingga meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam bagi perekonomian nasional.

Ia menjelaskan, dari FSRU Lampung, gas mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Labuan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ).

Dengan demikian gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan.

Tujuan utama pembangunan terminal penerima LNG di Lampung ini untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya.

"FSRU Lampung diresmikan pada April 2014," katanya pula.


(ANTARA)