Sekdakab: AJ Anak Adopsi Bupati Lampung Timur

id demo anak adopsi nunik, bupati lampung timur, anak adopsi, belum menikah, Demo Anak Bupati Chusnunia

Sekdakab: AJ Anak Adopsi Bupati Lampung Timur

Seratusan warga yang mengatasnamakan Lembaga Pengawas Pelayanan Publik (LP3-RI) Provinsi Lampung melakukan demonstrasi Chalim terkait status anak laki-laki AJdi depan kantor Pemkab Lampung Timur(18/7) (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)

...Status AJ adalah anak adopsi Bupati Lampung Timur, kata Syahrudin...
Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung menegaskan bahwa status anak lelaki bernama AJ telah diadopsi oleh Bupati Chusnunia Chalim yang hingga kini belum menikah.

"Status AJ adalah anak adopsi Bupati Lampung Timur," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putra, di Lampung Timur, Selasa, saat menerima para pengunjuk rasa yang mempertanyakan status anak tersebut.

Syahrudin menjelaskan bahwa status AJ sebagai anak adopsi Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, setelah melalui keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Ini bisa dipertanggungjawabkan karena kami sudah cek ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Syahrudin lagi.

Dia menambahkan terkait status Bupati Lampung Timur adalah masih gadis atau belum menikah. Terbukti dalam pendaftaraan pencalonan sebagai bupati Lampung Timur tahun 2015 lalu di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur Chusnunia Chalim lolos seleksi berkas pendaftaraan sebagai calon bupati.

"Semua sudah jelas dan bersih sewaktu di KPU, saya secara peribadi pernah tanyakan langsung kepada beliau apakah sudah menikah, beliau menjawab masih gadis dan belum menikah," katanya lagi.

Menurut Syahrudin, aksi demo ini semestinya tidak digelar, mengingat menyangkut masa depan AJ dan merupakan ruang pribadi atau privasi seseorang.

Namun, dia menyatakan tetap menghargai aksi tersebut sebagai saluran berdemokrasi masyarakat setempat.

Ia juga mengungkapkan , usai aksi demo ini, Bupati Chusnunia telah meminta hari tersebut sebagai hari awal gerakan mengasuh anak.

"Bupati Lampung Timur yang meminta saya untuk menyampaikan bahwa hari ini ditandai sebagai hari gerakan mengasuh anak," katanya lagi.

Sebelumnya, seratusan warga yang mengatasnamakan Lembaga Pengawas Pelayanan Publik (LP3-RI) Provinsi Lampung melakukan demonstrasi Chalim di depan kantor Pemkab Lampung Timur.

Pendemo menuntut penjelasan Bupati Lampung Timur terkait status AJ yang diketahui tertera dalam dokumen kependudukan (KK) orang Chusnunia yang dikeluarkan Dinas Pencatatan Sipil Jakarta Selatan, dan dalam kartu keluarga ibu Bupati Lampung Timur yang dikeluarkan Kantor Pencatatan Sipil Lampung Timur tertera sebagai cucu.

Pendemo menyampaikan tuntutan dan membawa spanduk serta sejumlah foto Chusnunia Chalim bersama AJ. Mereka akhirnya diterima pejabat Pemkab Lampung yang menjelaskan persoalan dituntut para pendemo.


(ANTARA)