Kapolres Ajak Pelajar Cerdas Gunakan Media Sosial

id kapolres lamtim jadi irup smk, kapolres lampung timur, yudy chandra erlianto

Kapolres Ajak Pelajar Cerdas Gunakan Media Sosial

Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto menjadi pembina upacara bendera di SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur, Senin (17/7) (FOTO: Humas Polres Lampung Timur)

Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto mengajak para pelajar untuk cerdas menggunakan media sosial mengingat konten radikalisme banyak menyebar di internet dan mengingatkan agar menjauhi ajaran radikal tersebut.

Menurut AKBP Yudy, saat menjadi pembina upacara bendera di SMKN 1 Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin, selain bertindak cerdas dan arif serta mewaspadai konten negatif di media sosial, para pelajar juga diminta menjauhi narkoba dan menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terjadi perselisihan antarsiswa.

Kepada para guru, dia meminta dapat mengoptimalkan pengawasan terhadap anak didiknya agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang dapat merugikan masa depan siswa, mengingat banyak pengaruh buruk mengintai pelajar atau siswa saat ini.

"Semua itu merupakan tanggung jawab kita bersama," kata Kapolres itu pula.

AKBP Yudy menjelaskan kunjungannya ke sekolah adalah untuk menanamkan jiwa nasionalisme, patriotisme serta sikap patuh hukum dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Menurut dia, jajaran Polri mengadakan Program Polisi Peduli Sekolah yang terdiri dari 12 cakupan kegiatan, di antaranya pembangunan karakter siswa dengan kehadiran polisi menjadi pembina upacara, pembinaan polisi cilik di tingkat SD, polisi sahabat anak untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD/RA), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), dan Program Safety Riding untuk SMA/SMK/MA.

Pihaknya juga membentuk tim gabungan penertiban siswa yang berkeliaran pada jam sekolah, pembinaan dan penyuluhan antiradikalisme dan intoleransi, penyuluhan narkoba, kenakalan remaja dan wawasan kamtibmas, sosialisasi kampanye penerimaan anggota Polri, Pramuka Saka Bhayangkara, dan melaksanakan operasi tertib sekolah.

"Kami juga mendorong penyelesaian permasalahan di lingkungan sekolah yang ditangani di tingkat babinkamtibmas secara musyawarah dan mufakat atau melalui rembuk pekon," ujar Kapolres Lampung Timur itu lagi.


(ANTARA)