Kepala BKKBN Ajak Semarakkan Lagi Gotong Royong

id kepala bkkbn pusat, surya chandra surapaty

Kepala BKKBN Ajak Semarakkan Lagi Gotong Royong

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

...Tanda-tanda bencana kependudukan, marak kriminalitas, terjadi kekerasan di rumah tangga, kekerasan antarwarga, antardesa. Berarti nilai-nilai gotong royong hampir habis, ujar Surya...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Surya Chandra Surapaty mengajak keluarga Indonesia untuk menyemarakkan lagi budaya gotong royong di masyarakat yang dinilainya sudah mulai menurun.

Surya mengatakan dalam acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2017 di Bandarlampung, Jumat, bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan kependudukan dengan mulai munculnya tanda-tanda bencana kependudukan.

"Tanda-tanda bencana kependudukan, marak kriminalitas, terjadi kekerasan di rumah tangga, kekerasan antarwarga, antardesa. Berarti nilai-nilai gotong royong hampir habis," ujar Surya.

Dia mengajak agar masyarakat mempertahankan nilai-nilai gotong royong yang menjadi budaya Indonesia sejak dulu.

Surya juga mengajak agar masyarakat tidak terpecah belah dengan isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Dia berharap budaya gotong royong kembali dijalankan demi kesatuan dan pembangunan Indonesia.

Dalam rangka Harganas ke-24 yang digelar sejak Kamis (13/7) hingga Sabtu (15/7), Surya berharap bisa menjadi momentum untuk meningkatkan ketahanan keluarga dalam menghadapi tantangan kependudukan di Indonesia.

Surya mengingatkan agar keluarga Indonesia meningkatkan interaksi antaranggota keluarga, memiliki waktu kumpul bersama tanpa gangguan gawai dan lainnya untuk mendapatkan waktu berkulaitas bersama keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, Surya bersama Ketua Umum Tim Penggerak PKK Eni Guntarti Tjahjo Kumolo secara resmi membuka pameran budaya, gelar dagang, dan kuliner khas daerah sebagai rangkaian Harganas 2017.


(ANTARA)