Pemprov Lampung Tingkatkan Kompetensi Pejabat

id theresia sormin dan asn

Pemprov Lampung Tingkatkan Kompetensi Pejabat

Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan dan Politik Theresia Sormin (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Natar, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat administrator (eselon III) sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing lebih optimal.

"Setiap ASN dituntut berhijrah secara profesional dan melaksanakan tugas dan fungsinya untuk mendukung peningkatkan kerja pemerintah daerah, kualitas pelayanan publik serta kinerja organisasi yang tinggi," kata Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Pemerintahan dan Politik Theresia Sormin di Natar, Lampung Selatan, Jumat.

Ia mengatakan hal itu pada penutupan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III angkatan I bagi pejabat administrator ASN pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, di Aula BPSDM Provinsi Lampung, Natar, Lampung Selatan, Jumat.

Ia menjelaskan agar profesional pengangkatan ASN pada jabatannya, maka perlu dilakukan pengukuran dan pengujian yang benar dan tepat. Hal itu guna menentukan ASN tersebut berkompeten atau tidak dalam melaksanakan tugasnya.

Theresia menjelaskan Gubernur Lampung meminta melalui bupati/wali kota untuk memantau peserta diklat dalam melaksanakan tugas pelayanan dan dalam meningkatkan daya saing daerah melalui program unggulan.

"Tugas harus dilaksanakan profesional dan disiplin tinggi serta mampu menggugah inovasi baru sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Karena itu merupakan kunci keberhasilan pembangunan," katanya.

Oleh karena itu, katanya, semua agenda pembelajaran selama Diklatpim Tingkat III diharapkan mampu meningkatkan kompetensi sehingga peserta siap dan mampu menjadi pemimpin perubahan yang profesional di organisasi perangkat daerah masing-masing.

"Keberhasilan saudara merupakan salah satu daya dukung penting terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Tujuan Diklatpim Tingkat III meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat administrator (eselon III) yang berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

"Kompetensi yang dibangun pada Diklatpim Tingkat III adalah kompetensi kepemimpinan visioner yaitu kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis dan memimpin peningkatan kinerja instansinya melalui penetapan visi dan arah kebijakan yang tepat," katanya.

Diklat Kepemimpinan Tingkat III angkatan I ini dimulai sejak 29 Maret hingga 14 Juli 2017 diikuti 40 peserta yang terdiri atas Kabupaten Tulang Bawang (6), Lampung Tengah (6), Mesuji (3), Lampung Selatan (2), Way Kanan (7), Tulang Bawang Barat (4), Kota Metro (3), Lampung Barat (5) dan Pesawaran (4).  

(ANTARA)