Pelatih: Tim U-16 Akan MAsuk Titik Balik

id pelatih u-16 fahri_husaini

Pelatih: Tim U-16 Akan MAsuk Titik Balik

Pelatih tim nasional U-16, Fakhri Husaini. (Antara)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Pelatih Tim Sepak Bola Nasional U-16 Fakhri Husaini menilai laga kontra tim Australia pada Kamis (13/7) akan menjadi titik balik bagi anak-anak asuhannya dalam grup A Kejuaraan AFF U-15.

"Kami pada tahapan latihan pemulihan hari ini sebagai persiapan pertandingan besok. Pertandingan menghadapi Australia ibarat final bagi kami, sangat menentukan," kata Fakhri dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Rabu (12/7) malam.

Fakhri mengharapkan Rendy Juliansyah dan kawan-kawan dapat berjuang maksimal untuk mengalahkan tim Negeri Kangguru itu.

"Mereka kalah satu kali dari Thailand, tapi dapat bangkit dan menang saat lawan Singapura. Pertandingan besok akan menarik," ujar Fakhri tentang calon lawan timnya pada pertandingan ketiga tim muda Merah-Putih dalam grup A.

Fakhri menjelaskan tim Australia punya pemain sayap yang bagus karena lincah dan memberikan umpan silang yang tepat. "Mereka juga tidak sekedar mengandalkan kekuatan fisik. Saya melihat taktik permainan mereka bagus," ujarnya.

Tim Nasional U-16, lanjut Fakhri, tetap mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. "Kami minta dukungan agar dapat mengalahkan Australia dan mencuri poin kemenangan," kata Fakhri.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta masyarakat untuk terus mendukung Tim Nasional U-16 dalam tiga laga terakhir Grup A Kejuaraan AFF U-15.

"Apa pun yang terjadi, kita harus selalu mendukung mereka. Para pemain sudah berjuang dan kita tahu pelatih Fachri sudah memberikan arahan terbaik," kata Menpora selepas mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Rabu.

Menpora mengatakan dukungan itu dapat membantu mental para atlet muda sepak bola Indonesia yang mungkin menghadapi sejumlah kendala seperti psikologis atau iklim.

"Terkadang, kita tidak tahu apa yang terjadi di lapangan seperti iklim dan lain-lain. Kami akan terus mendukung. Semoga pada sisa pertandingan, mereka dapat mencapai hasil terbaik," kata Menpora.

Pada Selasa (11/7), Tim nasional U-16 Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari Thailand dalam laga kedua Grup A Kejuaraan AFF U-15 di Chonburi, Thailand.

Indonesia, dari hasil pertandingan Selasa (11/7), mengoleksi satu poin hasil seri 2-2 pertandingan melawan Myanmar di pertandingan perdana pada Minggu (9/7). Sementara Thailand berada di puncak klasemen Grup A dengan enam poin dari dua kemenangan.

Indonesia akan menghadapi tim Australia pada Kamis (13/7) pada pukul 18.30 WIB. Selain itu, Indonesia masih akan melawan tim Laos pada Sabtu (15/7) dan tim Singapura pada Senin (17/7).


(ANTARA)