AS berencana jual senjata senilai 1,42 miliar dolar ke Taiwan

id Taiwan, AS, China

AS berencana jual senjata senilai 1,42 miliar dolar ke Taiwan

Kapal frigat Taiwan (.presstv.ir)

Washington (ANTARA LAMPUNG/Reuters) - Amerika Serikat berencana menjual persenjataan ke Taiwan senilai 1,42 miliar dolar AS; penjualan pertama dalam pemerintahan Donald Trump dan langkah itu dipastikan menyulut amarah China yang telah membantu Presiden mengekang Korea Utara.
 
Jurubica Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert, kepada wartawan mengatakan bahwa pemerintah telah memberitahukan kepada Kongres atas tujuh usulan penjualan itu pada Kamis.
 
"Nilanya sekitar 1,42 miliar dolar," katanya.
 
Kemenlu AS menyebutkan paket persenjataan itu termasuk dukungan teknik atas radar peringatan dini, rudal anti-radiasi berkecepatan tinggi, torpedo dan komponen rudal.
       
Nauert menyebutkan penjualan itu menunjukkan dukungan AS atas kemampuan Taiwan untuk mempertahankan kemampuan mempertahan diri sendiri.
 
Penjualan itu membutuhkan persetujuan dari Kongres, dan akan menjadi penjualan pertama ke Taiwan di era pemerintahan Trump, dan yang pertama sejak penjualan senilai 1,83 miliar dolar yang diumumkan mantan presiden Obama di Desember 2015 sehingga mencemaskan China.
 
Paket persenjataan sebelumnya mencakup dua frigat sebagai tambahan atas rudal anti-tank dan kendaraan serang amfibi.
 
Reuters/ANTARA LAMPUNG
Hisar Sitanggang