Jalinsum di Kalianda minim penerangan

id Jalinsum di Kalianda minim penerangan, jalinsum

 Jalinsum di Kalianda minim penerangan

Suasana jalan lintas Sumatera wilayah Kalianda, Lamsel (Rabu,28/6/17) (ANTARA Lampung/Roy BP)

Seharusnya ada perbaikan yang baik untuk menghadapi arus mudik dan arus balik, tapi ini tidak dirasakan sama sekali,..
   
Lampung Selatan,  (ANTARA Lampung) - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan arah Pelabuhan Bakauheni minim penerangan sehingga menimbulkan kerawanan kecelakaan lalu lintas.
     
"Jalan lintas Sumatera Kabupaten Lampung Selatan Kalianda arah Bakauheni minim lampu penerangan sehingga membahayakan pengguna jalan," kata Sakti (34) pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi di Lampung Selatan, Rabu malam.
     
Seharusnya, lanjut dia, penerangan sudah ada di Jalinsum ruas Kabupaten Lampung Selataan arah Pelabuhan Bakauheni, karena untuk membantu pengendara selain itu menjaga keamanan sepanjang jalan tersebut.
     
Minimnya penerangan sudah terjadi sejak awal arus mudik, dan saat arus balik kondisinya pun sama.
     
"Seharusnya penerangan sudah disiapkan selain membantu pengendara lampu juga berguna untuk mengantisipasi tindak kejahatan.
     
Hal senada disampaikan pemudik lain, Aris (35) bahwa jalan bergelombang dan minim penerangan di jalinsum tersebut cukup membahayakan bagi pengendara.
     
"Sudah jalan berlubang jalur minim penerangan, ini sangat membahayakan pemudik," kata dia.
     
Pemudik yang ingin balik ke Jakarta Utara itu menyatakan, bahwa saat mudik ke Lampung yang dirasakan hanya jalan yang bergelombang sebab sampai Bakauheni pada pagi hari sehingga menyusuri jalan tersebut sudah ada sinar matahari.
     
Namun, saat berangkat atau balik ke Jakarta malam hari yang dirasakan gelap gulita dan bergelombang.
     
"Seharusnya ada perbaikan yang baik untuk menghadapi arus mudik dan arus balik, tapi ini tidak dirasakan sama sekali," kata dia.
     
Sementara itu, dari pantauan di Jalinsum ruas jalan Kabupaten Lampung Selatan arah Bakauheni pada H+2 hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah kondisinya padat ramai sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.
     
Kendaraan pribadi mendominasi ruas jalinsum, seperti sepeda motor dan mobil peningkatan ini akan terus terjadi hingga H+4 Lebaran (Kamis) mengingat hari Jumat (30/6) karyawan swasta sudah mulai masuk kerja.