Pemudik Menyeberang dari Bakauheni Capai 44.777 Orang

id pemudik baru turun dari kapal, arus mudik 2017, data pemudik

Pemudik Menyeberang dari Bakauheni Capai 44.777 Orang

Pemudik dari Pelabuhan Merak Bakauheni yang baru turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju terminal Bus, Jumat (23/6) (foto Antaralampung/Muklasin)

Bakauheni, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Manager Operasional PT ASDP Bakauheni, Lampung Selatan Sugeng Purwono mengatakan jumlah pemudik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak, Banten pada "H-3" Hari Raya idul Fitri 1438 Hijriah mencapai 44.777 orang.

"Jumlah tersebut yakni penumpang pejalan kaki sebanyak 4.137 orang dana dalam kendaraan sebanyak 40.640 orang," kata dia di Bakauheni, Jumat.

Sedangkan kendaraan yang menyebarang yakni sepeda motor atau roda dua sebanyak 1.002 unit, kendaraan roda empat 5.438 unit, bus 496 unit, dan truk 646 unit.

"Kalau data penumpang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni belum kami terima, nanti kami sampaikan," ucapnya.

Sementara pantauan di pelabuhan ini pemudik pejalan kaki dari berbagai wilayah di Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa masih berdatangan begitu pula pemudik yang memakai roda dua dan empat.

Dari arah sebaliknya penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten juga masih terus berdatangan.

Puncak keramaian pemudik dari Pelabuhan Merak, Banten terjadi pada "H-3" atau Kamis (22/6) malam. Ribuan pemudik berdatangan baik penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Ribuan kendaraan bermotor dan mobil terlihat turun dari kapal baik di Dermaga 1, Dermaga 2, Dermaga 3, Dermaga 5, Dermaga 6, dan Dermaga 7.

Pada "H-2" Lebaran atau hari ini hujan mengguyur Pelabuhan Bakauheni dan sekitarnya, mulai pukul 10.35 WIB berlangsung sekitar satu jam.

Pantauan di perairan laut Bakauheni gelombang ombak laut terlihat normal tidak menunjukan gelombang tinggi yang bisa mengganggu perjalanan kapal.

(ANTARA)