Pemudik dari Jawa Mulai Berdatangan Lewat Rajabasa

id pemudik di terminal rajabasa, terminal rajabasa rami, arus mudik di terminal rajabasa

  Pemudik dari Jawa Mulai Berdatangan Lewat Rajabasa

Terminal Rajabasa Lampung (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemudik dari Pulau Jawa yang kembali ke kampung halamannya di sejumlah daerah di Provinsi Lampung mulai berdatangan melalui Terminal Rajabasa, Kota Bandarlampung.

Kepala Terminal Rajabasa Kota Bandarlampung, Mustika, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan dari data sementara pada H-5 sudah mulai terlihat peningkatan jumlah pemudik yang datang dari Pulau Jawa turun di Lampung.

"Jumlah pemudik tersebut berdasarkan perhitungan 24 jam, dari jam delapan pagi hingga pagi lagi dan untuk H-4 akan masuk datanya esok pagi," kata dia.

Menurutnya, jumlah ini diprediksi akan terus meningkat hingga subuh esok hari sebab para pegawai swasta khususnya diperkirakan sudah mengambil cuti lebih dulu.

Untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-4 hingga H-3, berbarengan dengan jatuhnya cuti nasional.

"Demi kelancaran arus mudik ini, kami telah melakukan pembenahan salah satunya fasilitas umum dan menambah pos kesehatan yang bekerja 24 jam," kata dia.

Pemudik yang pulang Rabu ini, beralasan ingin menghindari kemacetan dan juga padatnya penumpang.

"Saya takut terlalu lama di jalan, sehingga memutuskan pulang hari ini," kata Rafli dari Bogor.

Dia mengatakan, tahun ini pulang membawa anak sehingga diputuskan pulang lebih cepat dan dirinya pun memilih bus sebagai moda transportasi karena dirasa cukup aman.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Terminal Rajabasa, Kota Bandarlampung, pemudik pejalan kaki yang menggunakan transportasi bus mulai ramai dibandingkan pada H-6.

Pada H-5 jumlah penumpang yang datang mencapai 5.824 orang dengan bus 317 unit, sedangkan untuk keberangkatan jumlah penumpang 8.806 dan 385 bus.

Berbeda dengan H-6, jumlah penumpang yang datang 5.156 orang dengan bus 269 unit, lalu untuk keberangkatan 7.748 penumpang dengan bus 346 unit.

Para pemudik tersebut berdatangan dari Pulau Jawa setelah melalui Penyeberangan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung kemudian menggunakan armada bus menuju Terminal Rajabasa.(Ant)