Sebanyak 234 Keluarga Berencana Mudik Bareng BKKBN

id bkkbn mudik gratis 2017, mudik bafreng bkkbn

Sebanyak 234 Keluarga Berencana Mudik Bareng BKKBN

Mudik bareng BKKBN (www.bkkbn.go.id)

Jakarta (ANTARA Lampung) - Sebanyak 234 Keluarga Berencana mudik bareng yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dari Jakarta ke berbagai daerah di Pulau Jawa yang dilepas oleh Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Senin.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, peserta mudik bareng BKKBN tahun 2017 sebanyak 936 orang dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang sekira 75 persen di antaranya merupakan keluarga berencana yang menggunakan kontrasepsi dalam rahim dan sisanya peengguna alat kontrasepsi pil serta suntik.

Peserta mudik bareng menggunakan 15 bis dengan tujuan Majalengka, Pekalongan, Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonosari, Wonosobo, Madiun, Pacitan, Surabaya, Malang, dan Purworejo.

Kegiatan mudik bareng peserta KB tersebut merupakan bentuk apresiasi BKKBN kepada pasangan usia subur dan keluarga-keluarga yang telah menjadi peserta KB.

"Dengan tidak bermaksud mengiming-imingi, penghargaan seperti ini kami harapkan dapat menjadi pendorong minat pasangan usia subur yang lain untuk berpartisipasi dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), di antaranya dengan menggunakan kontrasepsi yang sesuai dengan pilihan dan kondisi masing-masing," kata Surya.

Peserta yang diberangkatkan ialah keluarga yang memenuhi persyaratan sebagai keluarga prasejahtera, memiliki maksimal dua anak, dan sedang melaksanakan program Keluarga Berencana dengan menggunakan alat kontrasepsi.

Di samping kegiatan mudik bersama tersebut juga diselenggarakan Festival Generasi Berencana yang dihadiri oleh 400 remaja di antaranya berupa pembekalan materi GenRe, festival kreatifitas remaja, motivasi remaja, mensosialisasikan substansi GenRe yang meliputi kependudukan dan pembangunan keluarga, kesehatan reproduksi, keterampilan hidup dan penyiapan kehidupan berkeluarga.