Dinas PU Lamteng Perbaiki Jalur Mudik

id jalur kece, lampung tengah, jalur mudik, mudik,

Dinas PU Lamteng Perbaiki Jalur Mudik

Salah satu ruas jalan untuk mudik di Lampung Tengah sudah diperbaiki. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Lampung Tengah memastikan Rute KECe yang digulirkan Bupati Mustafa siap digunakan untuk mudik Lebaran 2017.

Kepala Dinas PU Lampung Tengah Taufik Rahman dalam keterangan diterima di Bandarlampung, Sabtu mengatakan pihaknya telah melakukan perbaikan jalan yang kondisinya rusak maupun berlubang dan jalur tersebut dioperasikan H-7 Lebaran. Pemudik dari arah Bandar Lampung dapat melalui jalur lingkar barat, yakni masuk dari pertigaan SPBU Seputihjaya ke kiri sampai tembus Kampung Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar.

"Di jalur ini sebagian jalan sudah beton semen yang pastinya akan kuat hingga 10 tahun dan kami juga melakukan penimbunan lubang-lubang yang ada di jalan sekitar jalan Pondok Pesantren di Mojoagung Seputihjaya. Bahkan materialnya sudah kami siapkan untuk penimbunan ulang hingga tiga kali," ujarnya.

Kemudian lanjut Taufik, jalur alternatif kedua yakni di jalan Agusalim Bandarjaya belok ke kanan kemudian melintasi belakang Masjid Istiqlal Bandarjaya dan tembus di Ledengbesar BRI Bandarjaya. Di jalur ini tepatnya di belakang Masjid Istiqlal Bandarjaya juga dilakukan pengaspalan jalan.

Selanjutnya bagi pemudik dari arah Kotabumi menuju bBndarlampung dapat memilih jalur alternatif melalui jalan 2 Yukumjaya tepatnya di samping Alfamart Yukumjaya, kemudian ke luar di pertigaan Merapi dan tembus di jalan belakang Hotel Bunda Bandarjaya.

Ia menambahkan, selain pembangunan dan perbaikan di jalur tersebut, pihaknya juga melakukan pengaspalan dan perbaikan gorong-gorong di beberapa titik jalur alternatif, seperti di Kelurahan Bandarjaya Timur. Totalnya sebanyak 3 km jalan pada jalur satu yakni Gunungsugih menuju Terbanggibesar. Kemudian 3,5 km pada jalur kedua yakni dari Yukumjaya hingga Bandarjaya.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi di jalur mudik, agar tidak terjadi kemacetan di jalan lintas tengah, khususnya lintas Gunungsugih-Terbanggibesar maupun sebaliknya.

"Kami harapkan kemacetannya terjadi bukan karena faktor jalan, namun benar-benar karena volume kendaraan yang meningkat, serta mengurangi angka kecelakaan saat mudik Lebaran yang dikarenakan jalan yang berlubang," tuturnya.

Taufik menjelaskan, perbaikan ini juga untuk mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat, khususnya para pemudik dengan memberikan kenyamanan saat melintasi jalur-jalur tersebut.

"H-7 Insya Allah jalur jalur alternatif ini sudah siap dilalui oleh para pemudik, baik dari arah pulau Jawa maupun dari arah Sumatera lainnya. Sehingga masyarakat khususnya para pemudik bisa nyaman dan merasa puas dengan kinerja kita, dalam bidang pembangunan infrastruktur jalan," kata dia.

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan panitia pembangunan jalan tol, jika masih terjadi kemacetan di jalur utama dan di jalur alternatif, maka para pemudik dari arah Palembang dapat melintasi jalur tol yang masuk di jalan 8 Terbanggibesar dan ke luar di samping SPBU Seputihjaya. *