Lampung Tengah Naikkan Insentif Guru Honor

id guru honor, lampung tengah, mustafa, bupati lampung tengah, insentif guru honor naik 100 persen, insentif guru honor lampung tengah naik 100 persen

Lampung Tengah Naikkan Insentif Guru Honor

Bupati Lampung Tengah Mustafa menyerahkan secara simbolis kenaikan insentif guru honor. (ANTARA Lampung/Dok.Humas Lamteng)

Sesuai dengan janji saya, tahun ini gaji tenaga honorer dinaikkan dua kali lipat atau 100 persen
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah menaikkan insentif kepada guru honor hingga 100 persen guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Bupati Lampung Tengah Mustafa dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Kamis, mengatakan ada 4.353 guru honor yang menerima kenaikan insentif 100 persen karena mereka ujung tombak dalam membangun generasi bangsa yang cerdas.

"Harus ada perhatian dari pemerintah. Sesuai dengan janji saya, tahun ini gaji tenaga honorer dinaikkan dua kali lipat atau 100 persen. Saya berikan secara langsung agar tidak ada penundaan maupun potongan," katanya.

Dia berharap kenaikan itu diimbangi dengan peningkatan kinerja para guru.

Mereka diharapkan tidak hanya mengajar, bekerja sebatas "menggugurkan kewajiban|, namun harus diimbangi dengan kualitas dan target yang jelas.

Mustafa juga meminta agar guru bisa menjadi teladan bagi siswa dan masyarakat.

Selain itu, mereka diharapkan dapat mewujudkan pendidikan berkualitas yang melahirkan generasi-generasi cerdas dan berdaya saing.

Ia mengatakan seperti pembangunan sektor lainnya, sektor pendidikan di Lampung Tengah harus maju.

"Upaya pembenahan akan dilakukan mulai dari infastruktur pendidikan, tenaga pengajar, dan `outpu`t tenaga kependidikan. Tak hanya fokus mengajar, guru diharapkan dapat berlomba-lomba untuk mewujudkan pendidikan yang terbaik," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Lampung Tengah A. Helmi mengatakan 4.353 guru honor itu terdiri atas berbagai tingkatan. Kenaikan insentif guru honor menjadi salah satu upaya pemkab meningkatkan kualitas pendidikan di Lampung Tengah.

"Tentunya kualitas pendidikan terwujud jika guru meningkatkan kinerjanya. Perhatian pemkab harus sejalan dengan kualitas guru. Jangan sampai honor dinaikkan, tapi tidak diimbangi dengan kinerja. Ini akan dievaluasi," ucap Helmi.

Kenaikan insentif guru honor disambut baik para guru.

Mulyani, salah satu guru honorer, mengatakan kenaikan itu menjadi bentuk apresiasi pemerintah kepada tenaga pendidik.

"Selama ini honorer dipandang sebelah mata, dengan gaji pas-pasan. Padahal kami mendidik generasi bangsa, seharusnya apresiasinya tinggi. Untuk kenaikan insentif tahun ini, tentunya kami senang dan berterima kasih kepada pemerintah. Semoga kesejahteraan kami terus ditingkatkan," kata dia. ***4***