Atlet Mahasiswa UBL Siap Ikuti Pomnas

id ubl siap ikuti pomnas, ubl

  Atlet Mahasiswa UBL Siap Ikuti Pomnas

Alex Kurniawan Effendi, atlet mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis Universitas Bandarlampung (UBL) yang menorehkan prestasi tingkat daerah dan regional Sumatera bersiap mengikuti pekan olahraga nasional di Makassar. (FOTO:ANTARA

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Alex Kurniawan Effendi, atlet mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulu Tangkis Universitas Bandarlampung (UBL) yang menorehkan prestasi tingkat daerah dan regional Sumatera bersiap mengikuti pekan olahraga nasional di Makassar.

Alex Kurniawan menjadi juara pada dua nomor sekaligus, yakni juara II di tunggal putra dan juara I ganda putra dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) Provinsi Lampung 2017 belum lama ini, kata Pembina UKM Bulu Tangkis UBL Susanto Saman SSMHum PhD, di Bandarlampung, Senin.

Susanto membenarkan prestasi itu merupakan kelanjutan dari pencapaian berikutnya setelah Alex meraih medali emas, juara I ganda putra pada kejuaraan bulu tangkis Pusri Palembang Open XX 2017 yang diikuti peserta umum se-wilayah Sumatera. Ia meraih juara I kedua nomor tersebut. Alex sudah berjuang sejak babak kualifikasi.

"Dia kembali menjadi juara satu di tingkat provinsi, dan berkat prestasi ini dia dipersiapkan Pengurus Daerah Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Lampung untuk tingkat nasional,"ujarnya pula.

Susanto yang juga Dekan English Departemen (ED) UBL ini menambahkan, kejuaraan tingkat nasional dimaksud yakni Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV, tangal 14-21 Oktober 2017, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bagi Susanto beserta jajarannya, prestasi ini patut dibanggakan UKM Bulu Tangkis UBL, pasalnya keberhasilan mahasiswa peraih beasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik (Prodi TS FT) UBL ini mengantarkan salah satu atlet-mahasiswa bulu tangkis berprestasi mewakili Lampung ke ajang Pomnas 2017.

"Saya sempat bertanya pada Alex, katanya dia salah satu atlet-mahasiswa bulu tangkis yang bermedali atau juara pomda yang diprioritaskan Pengda PBSI Lampung mengikuti pomnas," katanya lagi.

Selain berpretasi pada berbagai ajang kejuaraan bulu tangkis, prestasi Alex di bidang akademik juga menonjol, karena terus konsisten mendapat nilai A dalam penilaian penunjang akademik, sejak awal masuk kuliah.

Ke depan dengan keberhasilan Alex, Susanto menegaskan UKM Bulu Tangkis UBL semakin berhasrat mencetak atlet mahasiswa berprestasi, khususnya cabang bulu tangkis di tingkat lokal, domestik, regional, nasional hingga internasional.

"Kami sudah punya itu, yaitu dream team basketball, dan rekrutmen pemain berkualitas dalam tim futsal. UKM Bulu Tangkis UBL ingin mencetak pemain berkualitas, sehingga mewujudkan UBL menjadi kampusnya pencetak para sang juara bulu tangkis, tidak hanya di Lampung tapi hingga ke tingkat nasional," katanya lagi.

Alex Kurniawan menegaskan bahwa dirinya siap menghadapi Pomnas Bulu Tangkis 2017 di Makassar, pertengahan Oktober mendatang. Persiapannya, Alex rutin mengadakan uji coba maupun `sparing game` dengan teman antarklub bulu tangkis di Lampung maupun regional Sumatera.

Selain itu, Alex mengaku tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Kejuaraan Daihatsu ASTEC Open 2017 yang digelar pada tujuh kota besar di Indonesia, termasuk di Bandarlampung 24-28 April lalu. Pada ajang itu, Alex turun bertanding pada nomor tunggal putra maupun ganda putra.

"Saya siap tampil di Pomnas 2017. Apalagi selama pomda berlangsung, saya merasakan ada peningkatan kualitas stamina, skill, teknik, mental dan prestasi bertanding," katanya pula.  (Ant)