Presiden Ingatkan Pentingnya Jaga Persaudaraan

id presiden kunjungi ponpes miftahul huda

Presiden Ingatkan Pentingnya Jaga Persaudaraan

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) bersilaturahmi bersama pimpinan dan santri Pondok Pesantren Miftahul Huda di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (10/6). (ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo/foc/17.)

Tasikmalaya  (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya menjaga persaudaraan sesama saudara sebangsa dan setanah air dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hari kedua kunjungan kerjanya di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (10/6), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatannya dengan mengunjungi Pondok Pesantresn Miftahul Huda Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Setibanya di pondok pesantren tersebut, Presiden disambut Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda, KH Asep A Maoshul Affandy.

Setelah itu, Presiden bersilaturahim dengan pimpinan dan alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda di Gedung Hamida, Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang besar.

Terlebih lagi saat dirinya merasakan jauhnya penerbangan dari Aceh ke Papua.

"Memakan waktu kurang lebih 9,5 jam. Itu kalau dibentangkan, dari Indonesia sampai ke barat itu, sudah hampir sampai ke Turki," ucapnya.

Selain itu, potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki juga sangat besar.

Presiden juga mengingatkan bahwa dalam kehidupan muamalah sehari-hari harus terus menjaga persaudaraan.

"Baik sesama saudara, sesama muslim dalam ukhuwah Islamiyah dan saudara sebangsa dan setanah air dalam bingkai wathoniyah," ujar Presiden.

Usai memberikan sambutan, Presiden menyapa dan berswafoto dengan warga dan santri yang telah menantinya.

Dari pondok pesantren ini, Presiden akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 2 Kabupaten Ciamis.

Sebelum menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kabupaten Ciamis pada sore hari nanti, Presiden akan berkunjung ke dua pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Darussalam dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang keduanya berada di di Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Agenda Presiden sebelum kembali ke Jakarta adalah menyaksikan penandatanganan MoU antara TNI Angkatan Udara, Kementerian Perhubungan, dan Pemerintah Kota Tasikmalaya tentang Optimalisasi Pangkalan TNI AU Wiriadinata sebagai Bandar Udara di Pangkalan TNI AU Wiriadinata Kota Tasikmalaya.


(ANTARA)