Hamilton Start Terdepan DI Kanada Samai Rekor Senna

id hamilton gp kanada

Hamilton Start Terdepan DI Kanada Samai Rekor Senna

Lewis Hamilton (tengah) mencatat pole position ke-65 sepanjang kariernya, menyamai koleksi Ayrton Senna. (WILL TAYLOR-MEDHURST/AFP)

Montreal (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) Juara dunia tiga kali Lewis Hamilton membuat moment istimewa di Montreal pada Sabtu waktu setempat, ketika dia dengan mengendara Mercedes meraih posisi start terdepan untuk Grand Prix Formula Satu Kanada dan sekaligus menyamai rekor 65 yang dibuat Ayrton Senna.

Sedangkan tiga kali berturut-turut posisi terdepan yang diraih pebalap Inggris itu di Kanada juga menyamai rekor Michael Schumacher di sirkuit Gilles Villeneuve.

Setelah pebalap Ferrari itu mendominasi latihan bebas terakhir, Hamilton naik satu tingkat dengan menjadi yang tercepat satu lap dibanding rekor sebelumnya.

Sementara itu pimpinan klasemen kejuaraan yang juga pebalap Ferrari Sebastian Vettel sempat menekan dengan hanya terpaut 0,004 detik lebih lambat, ketika pebalap Inggris Hamilton menjadi yang tercepat dalam satu lap dengan catatan 11,459 detik.

"Ini lap sangat seksi, ini lap hebat, saya tidak percaya ini muncul bersma dengan begitu indah," katanya.

Rekor posisi pole yang diraihnya itu menempatkannya tiga poin di bawah rekor sepanjang masa yang dibuat Schumacher 68, muncul 10 tahun pertama dari karir Formula Satu dia di trek yang sama bersama McLaren.

Sementara itu Vettel, juara empat kali bersama Red Bull yang mengungguli Hamilton 25 poin setelah enam balapan, lolos kualifikasi di urutan kedua untuk balapan yang akan berlangsung Minggu.

Sedangkan pebalap Finlandia Valtteri Bottas, lolos di urutan ketiga untuk Mercedes bersama pebalap Ferrari Kimi Raikkonen.