Anak harimau dilepaskan ke hutan

id Harimau,Tambling, TNBBS

Anak harimau dilepaskan ke hutan

HARIMAU SUMATRA (FOTO ANTARA/Khalsa)

Tambling, Lampung (Antara Lampung) - Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) melepasliarkan anak harimau sumatera bernama Mulli ke alam bebas, besok.
         
"Pelepasan ini dilakukan setelah tim kesehatan hewan menyatakan bocah harimau itu sudah sembuh dan bisa mandiri di alam liar," kata Koordinator Konservasi TWNC, Ardi Bayu, di Tambling, Pesisir Barat, Sabtu.
         
Ia menyebutkan, dua tahun lalu, TNWC menemukan anak harimau dalam kondisi terluka dan kekurangan gizi, lalu dirawat hingga sembuh dan sehat.
         
Menurutnya, anak harimau yang malang tersebut ditemukan oleh Suwegnyo (40) salah satu pekerja di kawasan konservasi TWNC pada 21 September 2015.
         
Bayu menjelaskan, Suwegnyo melihat dua ekor harimau dekat pos jaga Muara sekitar pemukiman penduduk di Dusun Pengekahan, Kabupaten Pesisir Barat.
         
"Sekitar pukul 13.30 WIB, anak harimau menuju semak-semak di depan pos jaga Muara bersama induknya," ujarnya.
         
Kejadian tersebut, lanjutnya, dilaporkan kepada pos TNWC yang berada tak jauh dari loakasi.
         
Bayu menceritakan, setelah diamati kondisi anak harimau tak bergerak karena kondisi yang memprihatinkan.
         
"Terdapat luka besar di perut dan tercium bau busuk, maka tim mengevakuasi anak harimau itu ke pusat rehabilitasi satwa TNWC," jelas Bayu.
         
Kawasan konservasi seluas 50 ribu hektare itu dikelola oleh manajemen TWNC dibawah Yayasan Artha Graha Peduli, berkolaborasi dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung dan dibawah bimbingan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dengan mandat menjaga kelestarian flora dan fauna.

ANTARA