Komnas PA: Rumah Tak Boleh Tanamkan Kebencian

id aris sirait

Komnas PA: Rumah Tak Boleh Tanamkan Kebencian

Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait (ANTARA /Indrianto Eko Suwarso)

...Di Indonesia tidak pantas ada persekusi karena negara ini dalam keadaan baik...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Aris Sirait mengatakan lingkungan rumah tidak boleh menjadi tempat menanamkan nilai-nilai kebencian bagi anak.

Hal itu, katanya di Jakarta, Jumat, dimaksudkan agar tidak terjadi tindakan persekusi atau kesewenang-wenangan terhadap orang lain atau kelompok yang dianggap berbeda paham.

"Saat ini ada fenomena kekerasan dianggap sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah, salah satunya dalam bentuk persekusi. Untuk itu sebaiknya rumah menjadi tempat yang netral dari nilai-nilai kebencian," kata Aris Sirait.

Untuk menghentikan persekusi maka pemerintah harus mengajak seluruh komponen bangsa untuk tidak menanamkan nilai-nilai kebencian.

Menurut dia saat ini banyak tempat seperti sekolah yang menanamkan nilai kebencian, maka pemerintah harus menguatkan fungsi agama, sekolah dan rumah menjadi tempat yang ramah bagi anak.

Komnas PA juga mendorong agar sekolah menanamkan nilai-nilai persatuan sehingga tidak ada kebencian diantara siswa.

Dia juga meminta kepada orang tua untuk mengajarkan anak agar tidak sembarangan menggunakan sosial media.

Dia berpendapat persekusi adalah bentuk degradasi perilaku terhadap hak asasi manusia.

"Di Indonesia tidak pantas ada persekusi karena negara ini dalam keadaan baik. Persekusi itu lazim terjadi di negara dalam situasi konflik. Oleh sebab itu ini perlu diantisipasi," kata dia.