Jika bermain bersama, Zidane akui Cristiano Ronaldo lebih baik

id Piala Champions, Real Madrid

Jika bermain bersama, Zidane akui Cristiano Ronaldo lebih baik

Tim Real Madrid (AFP)

Cardiff (Antara/Reuters) - Untuk seseorang yang melesakkan dua gol tandukan kepala untuk membawa timnya memenangi final Piala Dunia dan kemudian mengemas salah satu gol terbaik di final Liga Champions, Zinedine Zidane mungkin merendahkan hati saat ia berkata pada Jumat, "Saya tidak mencetak banyak gol."
   
Sang pelatih Real Madrid ditanyai apakah dia atau Cristiano Ronaldo yang akan menjadi bintang seandainya mereka bermain di tim Real yang sama, dan pria Prancis itu tanpa ragu menjawab, "Cristiano... Ia mencetak gol demi gol."
   
Tentu saja tidak ada keraguan tentang hal itu, di mana sang bintang Portugal telah berkembang menjadi salah satu penyerang paling mematikan, fakta yang digaris bawahi oleh statistik luar biasa di mana ia mengoleksi 40 gol atau lebih setiap musimnya untuk tujuh tahun terakhir.
        
Ronaldo akan menjadi senjata paling berbahaya Real pada final Liga Champions melawan Juventus, dan Zidane tidak berusaha untuk menyembunyikan fakta itu.    
   
"Para gelandang penting, tentu saja, semuanya penting, namun saya telah berada di sana pada sejumlah pertandingan besar ketika Anda menunggu para penyerang untuk mencetak gol dan tentu saja gol-gol itu adalah segalanya," ucapnya pada konferensi pers di Stadion Principality Cardiff.
        
"Saya tidak mencetak banyak gol -- saya mengemas beberapa (gol) penting -- namun tidak banyak."
   
Dua gol yang ia lesakkan untuk membantu Prancis mengalahkan Brazil pada final Piala Dunia 1998 di Paris tentu saja akan selalu menjadi titik tinggi dalam karier cemerlangnya, namun bagi para penggemar Real, sepakan voli kaki kirinya di Glasgow saat mengalahkan Bayer Leverkusen di final Liga Champions empat tahun kemudian menjadi yang paling indah.
        
Ketika Ronaldo, untuk tahun-tahun di mana ia berkembang sebagai pemain sayap yang lincah dan pemberi umpan, telah mengubah permainannya menjadi lebih fokus pada peran penyerang tengah, Zidane tetap merupakan sosok penting di lapangan tengah.
        
Mempertimbangkan hal itu, dan kecepatannya yang relatif tidak luar biasa, catatan golnya semestinya sangat layak dihormati.
        
Pada 155 pertandingannya untuk Real ia mengoleksi 37 gol dan mencetak 24 gol dari 151 pertandingan untuk Juve. Termasuk pada tahun-tahun awalnya di Cannes dan Bordeaux dengan koleksi 95 gol dari 506 penampilan untuk klub dan mencatatkan 31 gol dari 108 penampilannya untuk Prancis -- rekor yang akan sangat dibanggakan oleh banyak penyerang internasional.
        
Zidane juga yakin bahwa akan ada banyak gol tercipta pada Sabtu, dan menepis anggapan umum bahwa pertandingan ini adalah Real dengan serangan tajamnya melawan pertahanan tebal Juve.
        
"Mereka bertahan sangat baik namun sekarang mereka juga menyerang dengan sangat baik," ucapnya mengenai sang juara Italia yang mencapai final Liga Champions dengan hanya kemasukan tiga gol dari 12 pertandingan.
        
"Saya tidak yakin apakah saya dapat berkata bahwa mereka memiliki tim terbaik, namun mereka memiliki pemain-pemain menyerang yang sangat bagus, dan menurut saya ini akan menjadi permainan yang sangat terbuka dari kedua tim.

Antara/Reuters