Menag: Hilal Terlihat di Empat Titik

id sidang isbat awal puasa 2017, menteri agama, lukman hakim saifudin, awal puasa

Menag: Hilal Terlihat di Empat Titik

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin(kedua kanan) bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis (kedua kiri), Anggota Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia MUI Abdullah Zaidi (kiri) saat memimpin Sidang Isbat penentuan awal puasa di Kemente

...Terdapat dua pertimbangan penetapan awal Ramadhan 1438 Hijriyah salah satunya nampaknya hilal oleh perukyat di empat titik sebelum sidang isbat, kata Lukman...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bulan baru atau hilal nampak di empat titik di Indonesia sebelum sidang isbat/penetapan awal Ramadhan.

"Terdapat dua pertimbangan penetapan awal Ramadhan 1438 Hijriyah salah satunya nampaknya hilal oleh perukyat di empat titik sebelum sidang isbat," kata Lukman di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan para perukyat yang melihat hilal di antaranya dari NTT, Sulawesi Utara, Jawa Timur dan Kepulauan Seribu.

Peserta sidang isbat kali ini, tambahnya, secara bulat sepakat dengan penetapan awal puasa tahun ini jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

Secara perhitungan astronomi/hisab, Lukman mengatakan tinggi hilal berada di ketinggian 8,51 derajat di atas cakrawala dengan elongasi jarak busur bulan-matahari 8,73 derajat dan umur hilal 14 jam 57 menit 32 detik.

Sidang isbat 1 Ramadhan sendiri dilaksanakan secara rutin oleh pemerintah. Menteri Agama pada sidang isbat 2017 memimpin langsung majelis yang digelar secara tertutup itu. Sementara untuk pengumuman hasil sidang penetapan awal Ramadhan itu diumumkan secara terbuka lewat konferensi pers kepada rekan media.

"Sidang isbat Ramadhan ini menjadi penentu kapan kita mulai puasa tahun ini. Isbat diawali paparan dari tim hisab dan rukyat Kemenag," kata dia.


(ANTARA)