Roma dan Napoli pelihara peluang raih juara

id as roma

 Roma dan Napoli pelihara peluang raih juara

Massimo Gobbi (kiri) AC ChievoVerona bersaing dengan Stephan El Shaarawy dari AS Roma saat pertandingan Serie A antara AC ChievoVerona dan AS Roma di Stadio Marc'Antonio Bentegodi pada 20 Mei 2017 di Verona, Italia. (eurosport.com)

        
Roma, (Antara/Reuters) - Dua gol masing-masing dari Stephan El Shaarawy dan Mohamed Salah mempertahankan peluang AS Roma untuk meraih gelar Liga Italia tetap hidup pada Sabtu ketika mereka dua kali tertinggal untuk kemudian menang 5-3 di markas Chievo Verona, sedangkan Napoli juga memelihara peluang tersebut berkat kemenangan 4-1 atas tamunya Fiorentina.

Kemenangan Roma membawa mereka mengoleksi 84 angka sedangkan tim peringkat ketiga Napoli memiliki 83 angka, namun pemuncak klasemen Juventus, dengan 85 angka, akan mengamankan gelar jika mereka mampu mengalahkan tim peringkat ke-18 Crotone pada satu pertandingan sebelum laga terakhir mereka di musim ini pada Minggu.

Roma memperlihatkan rasa gugup meski pada Minggu lalu menang 3-1 atas sang pemuncak klasemen. Chievo, yang bermain dengan lebih santai karena tidak memiliki apapun untuk dipertaruhkan pada musim ini, membuka keunggulan pada menit ke-15 ketika Lucas Castro melepaskan sepakan voli yang keras dari dalam kotak penalti.

El Shaarawy menikmati akhir yang meyakinkan di musim ini, dan ia mencetak gol pada tiga pertandingan secara beruntun di Liga Italia ketika ia mengejar bola kiriman Federico Fazio pada menit ke-28, mengecoh Stefano Sorrentino, dan menyelesaikan peluang dengan tenang.

Roberto Inglese merestorasi keunggulan tuan rumah sembilan menit kemudian ketika ia menyundul bola umpan silang Valter Birsa untuk menaklukkan Wojciech Szczesny, namun Salah mampu bergerak memotong di area pertahanan lawan untuk melepaskan tembakan melengkung dari jarak 20 meter melewati Sorrentino.

El Shaarawy menambahi gol keduanya melalui tembakan mendatar setelah mendapat operan dari Kevin Strootman, sebelum Salah memastikan kemenangan tim ibukota dengan sepakan bagus menyusul kerja samanya dengan Edin Dzeko.

Dzeko menambahi gol kelima dari jarak 25 meter sebelum gol kedua Inglese memperkecil ketertinggalan untuk Chievo.

"Ada saat-saat dalam satu musim ketika Anda bekerja begitu keras untuk menciptakan momen krusial di mana Anda beresiko terjatuh ketika Anda benar-benar berada di sana," kata pelatih Roma Luciano Spalletti kepada televisi Italia Mediaset Premium.

"Ini sekarang benar-benar tergantung kepada kami. Kami memiliki pertandingan terakhir di kandang, di depan para penggemar kami dan akan ada atmosfer pesta besar untuk menghormati skuad."
    
Napoli menyamai Roma untuk intensitas dan serangan pada musim ini, dan menampilkan serangan yang apik untuk menundukkan Fiorentina.

Kalidou Koulibaly membuka gol pada menit kedelapan ketika ia menyambar bola dari jarak dekat, sebelum Lorenzo Insigne menggandakan keunggulan dengan penyelesaian dingin setelah mendapat operan dari Dries Mertens.

 Mertens, menebus kegagalan sebelumnya, menambahi gol ketiga sebelum menit ke-60 ketika kiper tim tamu Ciprian Tatarusanu gagal menyapu bola setelah tendangan sudut. Josip Ilicic merespon untuk tim tamu tiga menit kemudian.

Harapan apapun bagi Fiorentina untuk bangkit buyar ketika Mertens, yang menciptakan ruang setelah memperlihatkan kemampuannya untuk menghindari Gonzalo Rodriguez, memasukkan gol kedua setelah tembakan Marek Hamsik ditepis ke jalur pergerakannya.

"Kami tidak dapat menunggu untuk mengawali musim baru maka kami dapat menantang untuk memenangi gelar," kata Hamsik. "Ini adalah musim luar biasa, namun mengecewakan saat melihat posisi kami di klasemen."
   
"Kami tentu saja kehilangan sejumlah angka saat kami semestinya tidak melakukannya, namun kami membangun masa depan hebat."
(H-RF)