Presiden Dongengkan Lutung Kasarung pada Anak-anak

id presiden jokowi mendongeng
Presiden Dongengkan Lutung Kasarung pada Anak-anak
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri), Mendikbud Muhadjir Effendy (kiri) dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki membaca dongeng Lutung Kasarung saat acara Gemar Baca dalam rangka Hari Buku Nasional di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5).
...Jadi anak-anak kalau mengejar cita-cita harus bekerja keras, rajin belajar, harus suka menolong teman, pesan Presiden...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo mendongengkan kisah Lutung Kasarung atau monyet tersesat kepada anak-anak yang khusus diundang ke Istana Merdeka di Jakarta untuk merayakan Hari Buku Nasional.

Acara Gemar Membaca berkendaan dengan Hari Buku Nasional Bersama Presiden Republik Indonesia itu digelar di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Joko Widodo (Jokowi) berinteraksi dengan ratusan siswa, kemudian mendongeng untuk mereka.

"Siapa yang pernah mendengar dongeng Lutung Kasarung atau monyet yang tersesat. Ini cerita dongeng di Jawa Barat," kata Presiden.

Kepala Negara mengisahkan, Prabu Tapak Agung yang mempunyai dua anak perempuan yakni Purbararang dan Purbasari.

Dikisahkan bahwa Perbararang bersifat jahat dan mudah iri hari, sementara Purbasari baik hati dan cantik.

Singkat cerita, Purbararang ingin menggantikan sang ayah untuk menjadi Ratu. Ia menyuruh penyihir untuk membuat Purbasari tampak jelek sehingga dibuang ke tengah hutan.

Di hutan, Purbasari berteman dengan binatang-binatang. Hewan yang paling disayanginya adalah seekor monyet.

Seekor monyet yang sebenarnya adalah jelmaan pemuda tampan, selalu menjaga Purbasari.

Suatu ketika ia mandi di sebuah pancuran yang ternyata mengubah dirinya cantik seperti semula.

Pada suatu masa pula, monyet tersebut berubah menjadi pemuda tampan lalu mengantarkan Purbasari ke Kerajaan untuk kembali bersatu dengan keluarganya.

Kemudian, Purbararang merasa bersalah, dan meminta maaf kepada Purbasari.

Pesan moral dongeng Lutung Kasarung adalah kebenaran dan kebaikan akan dapat mengalahkan kebatilan dan kesewenang-wenangan, atau kebenaran pada akhirnya akan keluar sebagai pemenang.

"Jadi anak-anak kalau mengejar cita-cita harus bekerja keras, rajin belajar, harus suka menolong teman," pesan Presiden.

Kepala Negara juga mengundang sejumlah siswa untuk mendongeng. Dua orang maju untuk mendongengkan kisah Malin Kundang, serta Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih.

Setelah itu, Presiden Jojko Widodo mengajukan pertanyaan kepada para siswa dengan hadiah sepeda.  (ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0106 seconds memory usage: 0.35 MB